Posts

PGP-1-Kabupaten Garut-Bowo Hadi Kuswono-1.1-Aksi Nyata

Image
Laporan Aksi Nyata Mengenali Anak Sesuai Kodrat Alamnya Melalui Kegiatan Kunjungan Rumah Oleh: Bowo Hadi Kuswono, S.Pd. SDN 2 Girimukti Kecamatan Cikelet Calon Guru Penggerak Angkatan 1 Kabupaten Garut Latar Belakang Semenjak masa Pandemi Covid- 19 ini, kegiatan belajar mengajar dilakukan dari rumah. Hal ini tentu membuat kita sebagai guru perlu menjalin komunikasi yang baik dan membangun hubungan emosi yang lebih kuat dengan siswa dan orang tua. Peran orang tua sangat penting dalam mendampingi dan memberikan semangat bagi anak-anaknya selama belajar di rumah. Beberapa survey menyatakan bahwa motivasi belajar siswa menurun selama kegiatan PJJ ini. Bahkan apabila PJJ ini dilaksanakan lebih panjang lagi, kemungkinan Drop Out siswa akan terjadi karena berbagai alasan. Di sini peran aktif guru dalam membangun semangat dan memberikan dorongan moral kepada siswa sangat diperlukan. Mengenali karakter, lingkungan tempat tinggal siswa, dan keadaan sosial ekonominya mutlak harus dila

Tugas Modul 1.3.a.9. Koneksi Antar Materi

Image
  SINTESIS BERBAGAI MATERI FILOSOFIS PENDIDIKAN KI HAJAR DEWANTARA - NILAI DAN PERAN GURU PENGGERAK -VISI GURU PENGGERAK FILOSOFIS PENDIDIKAN KI HAJAR DEWANTARA Seorang guru penggerak harus tahu dan memahami f ilosofis pendidikan, salah satunya adalah filosofis pendidikan dari Ki Hajar Dewantara. Ki Hajar Dewantara memberikan pemikiran-pemikirannya tentang Dasar-dasar Pendidikan. Menurut KHD, pendidikan bertujuan untuk menuntun segala kodrat yang ada pada anak-anak, agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya. Pendidik itu   hanya dapat menuntun tumbuh atau hidupnya kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak, agar dapat memperbaiki lakunya (bukan dasarnya) hidup dan tumbuhnya kekuatan kodrat anak. Peran Pendidik diibaratkan seorang Petani atau Tukang Kebun yang tugasnya adalah merawat sesuai kebutuhan dari tanaman-tanamannya itu agar tumbuh dan berbuah dengan baik, tentu saja beda jenis tanaman beda perlakuanya. Artinya bahwa kita seorang pendidi

Tugas Modul 1.3.a.5 Pembelajaran 3 - Refleksi Individu 4P

Image
Pada modul 1.3 Visi Guru Penggerak bagian 1.3.a.5 Ruang Kolaborasi-Pembelajaran 3 ini, kita disuruh untuk membuat refleksi individu dengan menggunakan poin-poin panduan 4P (Peristiwa, Perasaan,Pembelajaran, Perubahan) atas proses kolaborasi kelompok. Kerangka  refleksi sudah disediakan.  Berikut adalah contoh hasil tugas saya sebagai CGP angkatan ke-1 yang mungkin bisa menjadi gambaran bagi Bapak/Ibu CGP angkatan 2 dan selanjutnya yang akan melaksanakan pendidikan yang sama selama sembilan bulan. Terima kasih. Peristiwa (Facts): peristiwa apa saja yang terjadi? Selama ini, saya menganggap suatu kelemahan atau kekurangan itu sebagai suatu hambatan atau masalah. Namun ternyata anggapan itu salah, tergantung dari mana kita memandang kelemahan itu. Bisa jadi ketika kita memandang suatu kelemahan dari sudut pandang yang berbeda, maka akan menjadi sebuah kekuatan yang bisa kita pakai sebagai dasar untuk melakukan suatu perubahan yang ekstrim atau tidak biasanya. Misalnya di sekolah saya muri

Tugas Modul 1.2.b.9.1 Elaborasi Pemahaman - Nilai dan Peran Guru Penggerak

Image
Berikut adalah contoh hasil tugas Modul 1.2. Nilai dan Peran Guru Penggerak bagian 1.2.b.9.1 Elaborasi Pemahaman - Nilai dan Peran Guru Penggerak.  Mungkin bisa menjadi referensi atau gambaran bagi Bapak/Ibu calon guru penggerak angkatan 2 dan selanjutnya. Tugas ini dibuat dalam bentuk slide presentasi powerpoint. Bagi Bapak/Ibu CGP yang ingin mendownloadnya dalam bentuk ppt bisa di klik di sini : ( Unduh ppt ) Terima kasih semoga bisa bermanfaat dan bisa memberi inspirasi, Bapak/Ibu juga bisa memberi saran atau masukannya di kolom komentar.

Download Buku Bahasa Sunda SD Kurikulum 2013

Image
  Berikut saya bagikan Buku Bahasa Sunda untuk siswa SD Kelas 1 sampai 6 yang dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Tahun 2014. Semoga bermanfaat... Silahkan klik unduh untuk mendownloadnya! 1. Kelas 1 ( Unduh ) 2. Kelas 2 ( Unduh ) 3. Kelas 3 ( Unduh ) 4. Kelas 4 ( Unduh ) 5. Kelas 5 ( Unduh ) 6. Kelas 6 ( Unduh ) 

Kesimpulan dan Refleksi Pemikiran-pemikiran Ki Hajar Dewantara

Image
  Sumber: ceknricek.com Pendidikan dan pengajaran tidak dapat dipisahkan. Menurut KHD, pengajaran (onderwijs) adalah bagian dari   Pendidikan. Pengajaran merupakan proses pendidikan dalam memberi ilmu atau berfaedah untuk kecakapan hidup anak secara lahir dan batin. Sedangkan Pendidikan (opvoeding)   memberi tuntunan terhadap segala kekuatan kodrat yang dimiliki anak agar ia mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai seorang manusia maupun sebagai amggota masyarakat. KHD memiliki keyakinan bahwa untuk menciptakan manusia Indonesia yang beradab maka pendidikan menjadi salah satu kunci utama untuk mencapainya. Ki Hajar Dewantara memberikan pemikirannya tentang Dasar-dasar Pendidikan. Menurut KHD,  Pendidikan bertujuan untuk menuntun segala kodrat yang ada pada anak-anak, agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya. Pendidik itu   hanya dapat menuntun tumbuh atau hidupnya kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak, ag

Tugas Vlog PembaTIK Level 4 Tahun 2020

Image
Vlog ini dibuat untuk memenuhi Tugas PembaTIK Level 4 Tahun 2020 Vlog saya menceritakan tentang Portal Rumah Belajar yang sudah di manfaatkan dalam pembelajaran di sekolah 3T. Tentu banyak hambatan dan rintangan dalam setiap langkah kita, tapi dengan semangat dan keikhlasan InsyaAllah dimudahkan. Berikut ini Video nya: link Video:  https://www.youtube.com/watch?v=U_BW1S7cNME Semoga bisa menginspirasi bapak/ibu semua guru-guru hebat terutama di Sekolah 3T. Salam Sukses Selalu...Terima Kasih.... #PusdatinKemendikbud #PembaTIK2020 #DutaRumahBelajar2020 #RumahBelajar2020 #BerbagiTIK