Posts

Tugas Kelompok Membuat Program Yang Berdampak Pada Murid Dengan Tahapan BAGJA

Tugas Kelompok Membuat Program Yang Berdampak Pada Murid Dengan Tahapan BAGJA Kelompok 2 : Ahmad Solihin, S.Pd., Bowo Hadi Kuswono, S.Pd., Rini Ristiani, S.Pd. Tahapan BAGJA Panduan Tahapan Hasil Tahapan B -uat Pertanyaan Buatlah pertanyaan untuk mengarahkan kita kepada penelusuran hal-hal yang akan kita lakukan Bagaimana cara meningkatkan kemampuan siswa dalam mengembangkan bakat keagamaannya di sekolah ?   A -mbil Pelajaran Ceritakan dan tuliskan pengalaman/kegiatan baik, prestasi yang pernah terjadi yang berhubungan dengan topik bahasan (kepemimpinan siswa (murid) di sekolah) Siswa kelas 5 putra dan putri menjadi juara 1 pildacil ditingkat kecamatan dan menjadi utusan untuk mengikuti kejuaraan ditingkat selanjutnya. Pada hari besar islam di sekolah dan di lingkungan siswa-siswi mengisi kegiatan peringatan dengan tampil sebagai mubalig-mubalighah cilik ...

Ringkasan Modul 3.1 Pengambilan Keputusan Sebagai Pemimpin Pembelajaran

  Ringkasan   Modul 3.1 Pengambilan Keputusan sebagai Pemimpin Pembelajaran   Empat Paradigma Dilema Etika Secara umum ada pola, model, atau paradigma yang terjadi pada situasi dilema etika yang bisa dikategorikan seperti di bawah ini: 1. Individu lawan masyarakat ( individual vs community ) 2. Rasa keadilan lawan rasa kasihan ( justice vs mercy ) 3. Kebenaran lawan kesetiaan (truth vs loyalty) 4. Jangka pendek lawan jangka panjang ( short term vs long term )   Individu lawan masyarakat ( individual vs community ) Dalam paradigma ini ada pertentangan antara individu/kelompok kecil   yang berdiri sendiri melawan sebuah kelompok yang lebih besar di mana individu ini juga menjadi bagiannya. Bisa juga konflik antara kepentingan pribadi melawan kepentingan orang lain, atau kelompok kecil melawan kelompok besar. Rasa keadilan lawan rasa kasihan ( justice vs mercy ) Dalam paradigma ini ada pilihan antara mengikuti aturan tertulis atau tidak meng...

2.2.a.7 Demonstrasi Kontekstual Pembelajaran Sosial Emosional (PSE)

  TEKNIK PEMBELAJARAN KOMPETENSI SOSIAL DAN EMOSIONAL NO KSE TEKNIK PEMBELAJARAN KSE (sesuai dengan jenjang pendidikan murid) 1 Kesadaran Diri Pengenalan Emosi 1.       Teknik: TEBAK EMOSI 2.       Penjelasan tentang apa yang dilakukan guru : Ajak anak untuk bermain tebak emosi dari kalimat yang diucapkan oleh temannya , 3.       Penjelasan tentang apa yang dikatakan pada murid: Minta anak untuk berpasangan, satu orang mengucapkan sebuah kalimat yang menunjukan suatu peristiwa atau kejadian dan satu orang lagi menebak perasaan atau emosi yang timbul dari persitiwa atau kejadian tersebut. Dilakukan secara bergantian. Misalnya: Anak ke-1: Saya mendapat hadiah ulang tahun. Anak ke-2: Senang (menebak) Anak ke-1: Saya kehilangan uang jajan. Anak ke-2 : Sedih (menebak) 4.       Pe...