2.2.a.7 Demonstrasi Kontekstual Pembelajaran Sosial Emosional (PSE)
TEKNIK
PEMBELAJARAN KOMPETENSI SOSIAL DAN EMOSIONAL
NO |
KSE |
TEKNIK PEMBELAJARAN KSE (sesuai dengan jenjang pendidikan murid) |
1 |
Kesadaran Diri Pengenalan Emosi |
1. Teknik:
TEBAK EMOSI 2. Penjelasan
tentang apa yang dilakukan guru:
Ajak anak untuk bermain tebak
emosi dari kalimat yang diucapkan oleh temannya , 3. Penjelasan
tentang apa yang dikatakan pada murid: Minta anak untuk berpasangan, satu orang mengucapkan sebuah
kalimat yang menunjukan suatu peristiwa atau kejadian dan satu orang lagi
menebak perasaan atau emosi yang timbul dari persitiwa atau kejadian
tersebut. Dilakukan secara bergantian. Misalnya: Anak
ke-1: Saya mendapat hadiah ulang tahun. Anak
ke-2: Senang (menebak) Anak
ke-1: Saya kehilangan uang jajan. Anak ke-2
: Sedih (menebak) 4. Penjelasan
tentang tujuan: untuk meningkatkan
kemampuan mereka menganalisis dan mengekspresikan emosi atau perasaan dari
sebuah peristiwa/kejadian yang dialami. |
2 |
Keterampilan
Berhubungan Sosial Daya Lenting (Resiliensi) |
1. Teknik:
Membuka kelas 2. Penjelasan
tentang apa yang dilakukan guru: Mengajak
anak untuk secara bergantian membuka kelas di WAG 3. Penjelasan
tentang apa yang dikatakan pada murid: Minta anak secara bergantian untuk membuka kelas di WAG,
dimulai dari mengucapkan salam, menyapa teman-teman, dan mengabsen
teman-temannya. 4. Penjelasan tentang tujuan: Interaksi dengan orang lain akan membantu mengembangkan keterampilan berhubungan sosial |
Lampiran
Dokumentasi
Lembar
Observasi (cheklist) KSE-Kesadaran Diri
Nama Murid |
Menebak perasaan/emosi lawan |
Menyampaikan suatu peristiwa dalam kalimat |
||
Sudah |
Belum |
Sudah |
Belum |
|
ALIF GELAR TRIMITRA |
V |
|
V |
|
ARPI |
V |
|
V |
|
DALFA TU AZKIYA |
V |
|
V |
|
ENCEP ISMAIL |
V |
|
V |
|
JAYA PERMANA |
|
V |
|
V |
LINDA LINDIYANI |
V |
|
V |
|
MUHAMAD PASA RAMDANI |
V |
|
|
V |
NAPIA AULIA |
V |
|
V |
|
NURCAHYA RAHMAWATI |
V |
|
|
|
RISKA |
|
V |
|
V |
RISTIYANI |
V |
|
V |
|
RIZIK MUBAROK |
V |
|
V |
|
RIZKHIA NAZA PUTRA |
V |
|
V |
|
RULI WIDIANSYAH |
V |
|
V |
|
SELPI ALVIANI |
V |
|
|
V |
WITA ALFIA |
V |
|
V |
|
Nama Murid |
Membuka kelas dengan bahasa yang baik dan jelas |
Membalas/merespon chat teman-temanya dengan baik |
||
Sudah |
Belum |
Sudah |
Belum |
|
ALIF GELAR TRIMITRA |
V |
|
|
V |
ARPI |
V |
|
V |
|
DALFA TU AZKIYA |
V |
|
V |
|
ENCEP ISMAIL |
V |
|
V |
|
JAYA PERMANA |
|
V |
|
V |
LINDA LINDIYANI |
V |
|
V |
|
MUHAMAD PASA RAMDANI |
|
V |
|
V |
NAPIA AULIA |
V |
|
V |
|
NURCAHYA RAHMAWATI |
V |
|
|
|
RISKA |
|
V |
|
V |
RISTIYANI |
|
V |
|
V |
RIZIK MUBAROK |
V |
|
V |
|
RIZKHIA NAZA PUTRA |
V |
|
|
V |
RULI WIDIANSYAH |
V |
|
V |
|
SELPI ALVIANI |
V |
|
|
V |
WITA ALFIA |
|
V |
|
V |
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
JARAK JAUH (DARING)
Satuan pendidikan :
SDN 2 Girimukti
Kelas / Semester :
6 / 1 (ganjil)
Tema :
Persatuan Dalam Perbedaan
Sub Tema :
Rukun Dalam Perbedaan
Muatan Terpadu :
IPA, Bahasa Idonesia
Pembelajaran Ke :
1
A. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Setelah mengamati
tumbuhan dan habitatnya, murid mampu menyebutkan ciri-ciri tumbuhan terkait
habitatnya.
2. Setelah
berdiskusi, murid mampu menulis laporan hasil pengamatan terhadap ciri-ciri
satu jenis tumbuhan terkait habitatnya.
B. MEDIA DAN SUMBER
BELAJAR
1. Aplikasi Whatsapp
2. Jenis-jenis
tumbuhan dan lingkungan sekitar
3. Buku Guru SD/MI
Kelas VI Tema 2
4. Buku Siswa
Tematik 2013 Kelas VI Tema 2
C. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Pendahuluan |
§ Murid yang mendapat
giliran (sesuai kesepakatan kelas, setiap murid mendapatkan giliran untuk
membuka kelas) membuka kelas
dengan kegiatan rutin (salam, berdo’a,
menanyakan kabar, dan mengabsen teman-temannya) melalui aplikasi whatsapp.
KSE-Keterampilan berhubungan sosial (resiliensi) § Guru mengucapkan terima
kasih kepada murid yang membuka kelas, memastikan semua murid sudah hadir,
apersepsi, dan menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. § Guru mengajak anak
secara berpasangan untuk bermain tebak emosi. KSE-Kesadaran Diri - Pengenalan
Emosi |
Kegiatan Inti |
Meminta murid untuk: 1.
Mengamati tumbuhan-tumbuhan yang ada di sekitar rumah, baik yang hidup di
darat maupun di air. 2.
Membuat pertanyaan bebas terkait ciri-ciri tumbuhan terkait habitatnya. 3.
Mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan orang tua atau kakak
mereka untuk mendapat jawaban atas pertanyaannya. 4.
Menuliskan hasil laporan pengamatannya. 5.
Membaca teks dan menyimak video mengenai ciri-ciri tumbuhan terkait
habitatnya # Guru memberikan teks bacaan mengenai ciri-ciri
tumbuhan terkait habitatnya. Selain teks, guru juga memberikan video tentang
materi terkait yang dipelajari. (diferensiasi konten) # Untuk murid yang
belum lancar membaca dan menulis (meskipun sudah kelas 6 masih ada yang belum
lancar), guru akan melakukan bimbingan individual atau meminta orang tua
membantu membacakan teksnya dan membantu melatih menulis. (diferensiasi
proses). # Sebagai produk
pembelajaran, murid kemudian diminta untuk menyebutkan dan menuliskan hasil
pengamatan mengenai ciri-ciri tumbuhan terkait habitatnya melalui berbagai
cara. (diferensiasi produk berdasarkan kesiapan/readiness). Ø Murid yang sudah lancar
membaca dan menulis menjelaskan dalam bentuk tulisan. Hasil pekerjaanya bisa
difoto. Ø Murid yang belum lancar
membaca dan menulis menjelaskan dalam bentuk lisan, bisa berupa video atau
rekaman suara yang ada di aplikasi WA. Ø Murid dapat
mengirimkannya melalui WA. |
Penutup |
§ Guru memberikan umpan
balik kepada murid § Guru menutup pembelajaran
sesuai dengan prosedur rutin (salam, ucapan terima kasih, dan do’a) |
D. PENILAIAN
Sikap : Observasi terhadap sikap
komitmen murid dalam menyerahkan atau
mengirimkan tugas
Pengetahuan : Menunjukan pengetahuan tentang
ciri-ciri tumbuhan terkait habitatnya
Keterampilan : Mendemonstrasikan keterampilan menulis
laporan hasil pengamatan
Strategi dan Alat Penilaian
Penilaian Sikap
Ø
Strategi :
Observasi
Ø
Alat :
Catatan Anekdot
Nama Murid |
Tanggal/ catatan sikap |
Tanggal/ catatan sikap |
Tanggal/ catatan sikap |
Tanggal/ catatan sikap |
Tanggal/ sikap |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Penilaian
Pengetahuan dan Keterampilan
Ø
Strategi : Unjuk
Kerja
Ø
Alat :
Cheklist
Cheklist |
Catatan |
|
|||
Pengetahuan |
Tercapai |
Berkembang |
Baru mulai terlihat |
|
|
Menunjukan pengetahuan tentang ciri-ciri tumbuhan terkait habitatnya |
|
|
|
|
|
Keterampilan Menulis |
Tercapai |
Berkembang |
Baru mulai terlihat |
|
|
Struktur penulisan laporan |
|
|
|
|
|
Penggunaan tanda baca dan ejaan yang benar |
|
|
|
|
|
Kreativitas |
|
|
|
|
Girimukti, 2021
Mengetahui: Guru
Kelas 6,
Endang
Hendarsyah, S.Pd. Bowo
Hadi Kuswono, S.Pd.
NIP.
197305251996031003 NIP.
198211102014101001
Comments
Post a Comment