RPP Berdiferensiasi dan Terintegrasi KSE
Salam sehat dan bahagia selalu Bapak/Ibu Guru hebat
Berikut ini saya bagikan contoh RPP Berdiferensiasi dan terintegrasi KSE yang sudah saya praktikan pada pendidikan guru penggerak (PGP) angkatan 1. Saya yakin Bapak/Ibu bisa lebih baik lagi dalam membuatnya. ini hanya sekedar berbagi saja, mudah-mudahan bisa bermanfaat. Terima Kasih
Bapak/Ibu juga bisa mendowloadnya dalam format word dibawah!
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Kelas / Semester : 6 (enam) / 2 (dua)
Tema : Bumiku
Sub Tema : Perbedaan Waktu dan
Pengaruhnya
Muatan Terpadu : IPA, Bahasa Idonesia
Pembelajaran Ke : 2
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Setelah mengamati video dan membaca teks serta mengamati garis
lintang dan garis bujur pada globe,
siswa mengetahui
tentang perbedaan waktu di bumi dan pengaruhnya pada kegiatan sehari-hari.
2. Setelah berdiskusi, siswa mampu menuliskan penyebab
perbedaan waktu di bumi dan perbedaan waktu yang
ada di Indonesia beserta wilayah-wilayahnya serta dapat mempresentasikannya.
B. MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
1. Laptop, infocus, speaker aktif dan tablet
2. Video dari youtube
3. Internet
4. Globe
5. Buku Guru SD/MI K13 Kelas VI Tema 8
6. Buku Siswa Tematik 2013 Kelas VI Tema 8
C. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Pendahuluan |
§ Murid yang mendapat giliran (sesuai kesepakatan) memimpin do’a, mengucapkan salam dan
melakukan tepuk belajar. (KSE- Pengelolaan Diri -
Mengelola
Emosi Dan Fokus) §
Guru
mengucapkan terima kasih kepada murid yang telah memimpin berdo’a, memastikan
semua murid sudah hadir, apersepsi, dan mengajak siswa untuk mengamati
emoticon di layar dan menebak perasaan apa yang ditampilkan. (KSE- Kesadaran Diri
- Pengenalan Emosi) |
Kegiatan Inti |
Meminta murid untuk: 1.
Mengamati gambar
kegiatan teman udin, menyimak video-video tentang pembagian waktu di
Indonesia dan penyebabnya. 2.
Membaca teks
yang ada pada buku 3.
Guru membuat
pertanyaan pemantik. 4.
Mendiskusikan
pertanyaan-pertanyaan tersebut dalam kerja kelompok. 5.
Mengamati garis
lintang dan bujur yang ada pada Globe dan mencari tahu dari internet tentang
penyebab perbedaan waktu di bumi. 6.
Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok di depan. 7.
Mengisi
evaluasi kuis online kahoot! dari tabletnya masing-msing. # Guru memberikan teks
bacaan, gambar terkait, dan globe. Selain itu, guru juga memberikan video-video
tentang materi terkait yang dipelajari. (diferensiasi konten) # Untuk murid yang belum lancar membaca dan menulis
(meskipun sudah kelas 6 masih ada yang belum lancar), guru akan melakukan
bimbingan individual atau meminta teman satu kelompoknya membacakan teksnya
dan membantu melatih menulis. (diferensiasi proses). # Sebagai produk pembelajaran, murid kemudian diminta
untuk menyebutkan dan menuliskan hasil pengamatan mengenai ciri-ciri tumbuhan
terkait habitatnya melalui berbagai cara. (diferensiasi produk) berdasarkan kesiapan/readiness). Ø
Murid yang
sudah lancar membaca dan menulis menjelaskan dalam bentuk tulisan dan
presentasi. Ø
Murid yang
belum lancar membaca dan menulis menjelaskan dalam bentuk lisan. |
Penutup |
§
Guru memberikan
umpan balik kepada murid §
Guru melakukan
refleksi pembelajaran §
Guru menutup
pembelajaran sesuai dengan prosedur rutin (salam, ucapan terima kasih, dan
do’a) |
Sikap : Observasi terhadap sikap
dan keaktifan murid
Pengetahuan :
Menunjukan pengetahuan tentang perbedaan
waktu di bumi
dan
pengaruhnya pada kegiatan sehari-hari.
Keterampilan : Mendemonstrasikan keterampilan menulis
laporan hasil pengamatan dan
diskusi
Strategi dan Alat Penilaian
Penilaian Sikap
Ø Strategi :
Observasi
Ø Alat :
Catatan Anekdot
Nama Murid |
Tanggal/ catatan sikap |
Tanggal/ catatan sikap |
Tanggal/ catatan sikap |
Tanggal/ catatan sikap |
Tanggal/ sikap |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Penilaian Pengetahuan dan Keterampilan
Ø Strategi : Kuis
Online kahoot! Dan Unjuk Kerja (presentasi)
Ø Alat : aplikasi
kahoot! Dan daftar Cheklist
Indikator |
Cheklist |
Catatan |
|
||
Pengetahuan |
Tercapai |
Berkembang |
Baru mulai terlihat |
|
|
Menunjukan
pengetahuan tentang penyebab perbedaan waktu di bumi dan pengaruhnya pada
kegiatan sehari-hari |
|
|
|
|
|
Keterampilan Menulis |
Tercapai |
Berkembang |
Baru mulai terlihat |
|
|
Struktur
penulisan laporan |
|
|
|
|
|
Penggunaan
tanda baca dan ejaan yang benar |
|
|
|
|
|
Kreativitas |
|
|
|
|
Girimukti, 01 April 2021
Mengetahui: Guru
Kelas 6,
Kepala Sekolah,
Endang
Hendarsyah, S.Pd. Bowo
Hadi Kuswono, S.Pd.
NIP.
197305251996031003 NIP.
198211102014101001
Terima kasih, sangat membantu untuk referensi
ReplyDeleteSama-sama Pak...
Delete