RPP Berdiferensiasi dan Terintegrasi KSE

 Salam sehat dan bahagia selalu Bapak/Ibu Guru hebat

Berikut ini saya bagikan contoh RPP Berdiferensiasi dan terintegrasi KSE yang sudah saya praktikan pada pendidikan guru penggerak (PGP) angkatan 1. Saya yakin Bapak/Ibu bisa lebih baik lagi dalam membuatnya. ini hanya sekedar berbagi saja, mudah-mudahan bisa bermanfaat. Terima Kasih

Bapak/Ibu juga bisa mendowloadnya dalam format word dibawah!

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 Satuan pendidikan      : SDN 2 Girimukti

Kelas / Semester         : 6 (enam) / 2 (dua)

Tema                           : Bumiku

Sub Tema                    : Perbedaan Waktu dan Pengaruhnya

Muatan Terpadu          : IPA, Bahasa Idonesia

Pembelajaran Ke         : 2

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN

1.      Setelah mengamati video dan membaca teks serta mengamati garis lintang dan garis bujur pada globe, siswa  mengetahui tentang perbedaan waktu di bumi dan pengaruhnya pada kegiatan sehari-hari.

2.      Setelah berdiskusi, siswa mampu menuliskan penyebab perbedaan waktu di bumi dan perbedaan waktu yang ada di Indonesia beserta wilayah-wilayahnya serta dapat mempresentasikannya.

B.     MEDIA DAN SUMBER BELAJAR

1.      Laptop, infocus, speaker aktif dan tablet

2.      Video dari youtube

3.      Internet

4.      Globe

5.      Buku Guru SD/MI K13 Kelas VI Tema 8

6.      Buku Siswa Tematik 2013 Kelas VI Tema 8

C.    KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

 

 

 

Pendahuluan

§  Murid yang mendapat giliran (sesuai kesepakatan)  memimpin do’a, mengucapkan salam dan melakukan tepuk belajar. (KSE- Pengelolaan Diri - Mengelola Emosi Dan Fokus)

§  Guru mengucapkan terima kasih kepada murid yang telah memimpin berdo’a, memastikan semua murid sudah hadir, apersepsi, dan mengajak siswa untuk mengamati emoticon di layar dan menebak perasaan apa yang ditampilkan. (KSE- Kesadaran Diri - Pengenalan Emosi)

Kegiatan Inti

Meminta murid untuk:

1.      Mengamati gambar kegiatan teman udin, menyimak video-video tentang pembagian waktu di Indonesia dan penyebabnya.

2.      Membaca teks yang ada pada buku

3.      Guru membuat pertanyaan pemantik.

4.      Mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan tersebut dalam kerja kelompok.

5.      Mengamati garis lintang dan bujur yang ada pada Globe dan mencari tahu dari internet tentang penyebab perbedaan waktu di bumi.

6.      Mempresentasikan hasil diskusi kelompok di depan.

7.      Mengisi evaluasi kuis online kahoot! dari tabletnya masing-msing.

# Guru memberikan teks bacaan, gambar terkait, dan globe. Selain itu, guru juga memberikan video-video tentang materi terkait yang dipelajari. (diferensiasi konten)

# Untuk murid yang belum lancar membaca dan menulis (meskipun sudah kelas 6 masih ada yang belum lancar), guru akan melakukan bimbingan individual atau meminta teman satu kelompoknya membacakan teksnya dan membantu melatih menulis. (diferensiasi proses).

# Sebagai produk pembelajaran, murid kemudian diminta untuk menyebutkan dan menuliskan hasil pengamatan mengenai ciri-ciri tumbuhan terkait habitatnya melalui berbagai cara. (diferensiasi produk) berdasarkan kesiapan/readiness).

Ø  Murid yang sudah lancar membaca dan menulis menjelaskan dalam bentuk tulisan dan presentasi.

Ø  Murid yang belum lancar membaca dan menulis menjelaskan dalam bentuk lisan.

Penutup

§  Guru memberikan umpan balik kepada murid

§  Guru melakukan refleksi pembelajaran

§  Guru menutup pembelajaran sesuai dengan prosedur rutin (salam, ucapan terima kasih, dan do’a)

 

D.    PENILAIAN

Sikap                    : Observasi terhadap sikap dan keaktifan murid

Pengetahuan         : Menunjukan pengetahuan tentang perbedaan waktu di bumi dan

   pengaruhnya pada kegiatan sehari-hari.

Keterampilan        : Mendemonstrasikan keterampilan menulis laporan hasil pengamatan dan

  diskusi

 

Strategi dan Alat Penilaian

Penilaian Sikap

Ø  Strategi     : Observasi

Ø  Alat          : Catatan Anekdot

Nama Murid

Tanggal/

catatan sikap

Tanggal/

catatan sikap

Tanggal/

catatan sikap

Tanggal/

catatan sikap

Tanggal/

sikap

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Penilaian Pengetahuan dan Keterampilan

Ø  Strategi     : Kuis Online kahoot! Dan Unjuk Kerja (presentasi)

Ø  Alat          : aplikasi kahoot! Dan daftar Cheklist

Indikator

Cheklist

Catatan

 

Pengetahuan

Tercapai

Berkembang

Baru mulai terlihat

 

Menunjukan pengetahuan tentang penyebab perbedaan waktu di bumi dan pengaruhnya pada kegiatan sehari-hari

 

 

 

 

Keterampilan Menulis

Tercapai

Berkembang

Baru mulai terlihat

 

Struktur penulisan laporan

 

 

 

 

Penggunaan tanda baca dan ejaan yang benar

 

 

 

 

Kreativitas

 

 

 

 

                                                                                                    

Girimukti,  01 April 2021

Mengetahui:                                                                            Guru Kelas 6,

Kepala Sekolah,

 

 

Endang Hendarsyah, S.Pd.                                                  Bowo Hadi Kuswono, S.Pd.

NIP. 197305251996031003                                                    NIP. 198211102014101001


Download RPP : Download RPP

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Modul 2.2 Pembelajaran Sosial-Emosional (PSE) - Koneksi Antar Materi

Tugas Modul 1.3.a.5 Pembelajaran 3 - Refleksi Individu 4P