Tugas Kelompok Membuat Program Yang Berdampak Pada Murid Dengan Tahapan BAGJA
Tugas Kelompok Membuat Program Yang Berdampak Pada Murid Dengan Tahapan BAGJA
Kelompok 2 :
Ahmad Solihin, S.Pd., Bowo Hadi Kuswono, S.Pd., Rini Ristiani, S.Pd.
Tahapan BAGJA |
Panduan
Tahapan |
Hasil Tahapan |
B-uat
Pertanyaan |
Buatlah pertanyaan untuk mengarahkan kita kepada penelusuran
hal-hal yang akan kita lakukan |
Bagaimana
cara meningkatkan kemampuan siswa dalam mengembangkan bakat keagamaannya di
sekolah ?
|
A-mbil
Pelajaran |
Ceritakan dan tuliskan pengalaman/kegiatan baik, prestasi yang
pernah terjadi yang berhubungan dengan topik bahasan (kepemimpinan siswa
(murid) di sekolah) |
Siswa kelas 5 putra dan putri menjadi juara 1 pildacil ditingkat
kecamatan dan menjadi utusan untuk mengikuti kejuaraan ditingkat selanjutnya. Pada hari besar islam di sekolah dan di lingkungan siswa-siswi
mengisi kegiatan peringatan dengan tampil sebagai mubalig-mubalighah cilik |
G-ali Mimpi |
Buat gambaran rinci kondisi ideal atau mimpi kita terkait topik
bahasan: -
Kemampuan seperti apa
yang dibayangkan ada dalam diri siswa (murid) -
Perilaku apa saja yang ada pada siswa (murid) dengan
pengetahuan keagamaan yang diharapkan -
Perilaku guru seperti apa yang mendorong kemampuan siswa dalam
menyampaikan pengetahuan keagamaan -
Perilaku kepala sekolah seperti apa yang mendorong kemampuan
siswa dalam menyampaikan pengetahuan
keagamaan -
Perilaku orang tua seperti apa yang mendorong kemampuan siswa
dalam menyampaikan pengetahuan
keagamaan -
Hal apa saja yang perlu dimiliki untuk meningkatkan kemampuan
siswa dalam menyampaikan pengetahuan
keagamaan |
·
Murid menjadi para dai dan daiyah yang hebat ·
Murid yang memiliki kemampuan dalam menyampaikan pengetahuan
agama dengan baik ·
Guru menjadi motivator yang baik bagi siswa dan memberikan kesempatan kepada siswa
seluas-luasnya pengembangan diri mengaktualisasikan diri dlam menyampaikan
pengetahuan keagamaan dengan percayadiri ·
Kepala sekolah memberikan dukungan dalam
pengembangan bakat siswa secara moril dan materil serta memberikan kepercayaan terhadap
langkah perbaikan dan pengembangan guru dan siswa ·
Orangtua memberikan dukungan sepenuhnya terhadap pengembangan
bakat keagamaan anak-anaknya ·
Membuat jadwal rutin pelaksanaan kegiatan, pembimbing, dan berbagai fasilitas yang mendukung pelaksanaan seperti sound dll
|
J-abarkan
Rencana |
Membuat cara/strategi mencapai mimpi-mimpi yang sudah kita
tuliskan: - Rencana/strategi apa
yang perlu dilakukan (siapa melakukan apa)? - Bagaimana memonitor
dan mengevaluasi rencana tersebut (bisa melihat format kerangka Monev) |
Rencana program : Program Kultum (kuliah tujuh menit) Pagi,
dilaksanakan setiap hari jum’at pagi setelah kegiatan sholat duha bersama
sebelum masuk kelas. Program ini memerlukan dukungan dari
semua pihak terutama Kepala Sekolah sebagai penanggung jawab, dewan guru
sebagai pengarah, guru PAI sebagai koordinator
acara, dan murid kelas 6 sebagai seksi acara dan
perlengkapan. Guru PAI akan menentukan beberapa
tema ceramah yang bisa dipilih oleh murid dan membuat jadwal kelas berapa yang akan tampil sebagai penceramah. Guru kelas dilibatkan dalam memilih dan
mempersiapkan murid yang akan tampil sebagai penceramah pada kegiatan Kultum Pagi. Kegiatan ini juga bisa melibatkan orang tua murid, masyarakat, dan guru ngaji sebagai
pembimbing.
Monitor dilakukan oleh guru dan murid kepada murid dan untuk
murid sendiri. Evaluasi melibatkan guru, kepala sekolah, dan masyarakat |
A-tur Eksekusi |
Menentukan tim inti program: - Siapa koordinator/
penanggung jawab pelaksanaan program - Siapa yang bertugas
memonitor dan mengevaluasi jalannya program - Siapa yang bertugas
membuat laporan program - Bagaimana cara
komunikasi/koordinasi yang dilakukan tim (melalui pertemuan (diskusi), rapat
mingguan/ bulanan dll) untuk memberi kabar satu sama lain tentang jalannya
program |
Penanggung jawab dan mekanisme koordinasi antar tim: Penanggung Jawab kegiatan: Kepala Sekolah Pengarah : Dewan Guru Koordinator Acara: Guru PAI Penanggung Jawab sie Acara: Murid kelas 6 Penanggung Jawab sie Perlengkapan: Murid kelas 6 Laporan dibuat oleh Koordinator acara (ketua panitia).
Koordinasi dilakukan dengan rapat setiap satu minggu sekali internal panitia.
Hasil rapat internal dilaporkan kepada seluruh dewan guru sebagai pengarah
acara. Evaluasi dapat dilakukan melalui rapat koordinasi dengan kepala
sekolah dan guru. |
Comments
Post a Comment