Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tugas Kelompok Membuat Program Yang Berdampak Pada Murid Dengan Tahapan BAGJA

Tugas Kelompok Membuat Program Yang Berdampak Pada Murid Dengan Tahapan BAGJA

Kelompok 2 : Ahmad Solihin, S.Pd., Bowo Hadi Kuswono, S.Pd., Rini Ristiani, S.Pd.

Tahapan BAGJA

Panduan Tahapan

Hasil Tahapan

B-uat Pertanyaan

Buatlah pertanyaan untuk mengarahkan kita kepada penelusuran hal-hal yang akan kita lakukan

Bagaimana cara meningkatkan kemampuan siswa dalam mengembangkan bakat keagamaannya di sekolah ?

 

A-mbil Pelajaran

Ceritakan dan tuliskan pengalaman/kegiatan baik, prestasi yang pernah terjadi yang berhubungan dengan topik bahasan (kepemimpinan siswa (murid) di sekolah)

Siswa kelas 5 putra dan putri menjadi juara 1 pildacil ditingkat kecamatan dan menjadi utusan untuk mengikuti kejuaraan ditingkat selanjutnya.

Pada hari besar islam di sekolah dan di lingkungan siswa-siswi mengisi kegiatan peringatan dengan tampil sebagai mubalig-mubalighah cilik

G-ali Mimpi

Buat gambaran rinci kondisi ideal atau mimpi kita terkait topik bahasan:

-          Kemampuan  seperti apa yang dibayangkan ada dalam diri siswa (murid)

-          Perilaku apa saja yang ada pada siswa (murid) dengan pengetahuan  keagamaan  yang diharapkan

-          Perilaku guru seperti apa yang mendorong kemampuan siswa dalam menyampaikan pengetahuan  keagamaan

-          Perilaku kepala sekolah seperti apa yang mendorong kemampuan siswa dalam menyampaikan pengetahuan  keagamaan

-          Perilaku orang tua seperti apa yang mendorong kemampuan siswa dalam menyampaikan pengetahuan  keagamaan

-          Hal apa saja yang perlu dimiliki untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menyampaikan pengetahuan  keagamaan

 

·         Murid menjadi para dai dan daiyah yang hebat

·         Murid yang memiliki kemampuan dalam menyampaikan pengetahuan agama dengan baik

·         Guru menjadi motivator yang baik bagi siswa dan memberikan kesempatan kepada siswa seluas-luasnya pengembangan diri mengaktualisasikan diri dlam menyampaikan pengetahuan keagamaan dengan percayadiri

·         Kepala sekolah memberikan dukungan dalam pengembangan bakat siswa secara moril dan materil serta memberikan kepercayaan terhadap langkah perbaikan dan pengembangan guru dan siswa

·         Orangtua memberikan dukungan sepenuhnya terhadap pengembangan bakat keagamaan anak-anaknya

·         Membuat jadwal rutin pelaksanaan kegiatan, pembimbing, dan berbagai fasilitas yang mendukung pelaksanaan seperti sound dll

 


 

J-abarkan Rencana

Membuat cara/strategi mencapai mimpi-mimpi yang sudah kita tuliskan:

 

-    Rencana/strategi apa yang perlu dilakukan (siapa melakukan apa)?

-    Bagaimana memonitor dan mengevaluasi rencana tersebut (bisa melihat format kerangka Monev)

Rencana program :

Program Kultum (kuliah tujuh menit) Pagi, dilaksanakan setiap hari jum’at pagi setelah kegiatan sholat duha bersama sebelum masuk kelas. Program ini memerlukan dukungan dari semua pihak terutama Kepala Sekolah sebagai penanggung jawab, dewan guru sebagai pengarah, guru PAI sebagai koordinator acara, dan murid kelas 6 sebagai seksi acara dan perlengkapan. Guru PAI akan menentukan beberapa  tema ceramah yang bisa dipilih oleh murid dan membuat jadwal kelas berapa yang akan tampil sebagai penceramah. Guru kelas dilibatkan dalam memilih dan mempersiapkan murid yang akan tampil sebagai penceramah pada kegiatan Kultum Pagi. Kegiatan ini juga bisa melibatkan orang tua murid, masyarakat, dan guru ngaji sebagai pembimbing.

 

Monitor dilakukan oleh guru dan murid kepada murid dan untuk murid sendiri. Evaluasi melibatkan guru, kepala sekolah, dan masyarakat

A-tur Eksekusi

Menentukan tim inti program:

-    Siapa koordinator/ penanggung jawab pelaksanaan program

-    Siapa yang bertugas memonitor dan mengevaluasi jalannya program

-    Siapa yang bertugas membuat laporan program

-    Bagaimana cara komunikasi/koordinasi yang dilakukan tim (melalui pertemuan (diskusi), rapat mingguan/ bulanan dll) untuk memberi kabar satu sama lain tentang jalannya program

Penanggung jawab dan mekanisme koordinasi antar tim:

Penanggung Jawab kegiatan: Kepala Sekolah

Pengarah : Dewan Guru

Koordinator Acara: Guru PAI

Penanggung Jawab sie Acara: Murid kelas 6

Penanggung Jawab sie Perlengkapan: Murid kelas 6

Laporan dibuat oleh Koordinator acara (ketua panitia). Koordinasi dilakukan dengan rapat setiap satu minggu sekali internal panitia. Hasil rapat internal dilaporkan kepada seluruh dewan guru sebagai pengarah acara. Evaluasi dapat dilakukan melalui rapat koordinasi dengan kepala sekolah dan guru.

 


Post a Comment for "Tugas Kelompok Membuat Program Yang Berdampak Pada Murid Dengan Tahapan BAGJA"