Seminggu Bersama Mentor Dan Guru-Guru Hebat di Kelas PembaTIK Level 4: Berbagi, Provinsi Jawa Barat 2020

Seminggu bukan lah waktu yang lama, tapi kita sudah seperti keluarga, saling menyapa dengan hangat, bersenda gurau, berbagi ilmu dan pengalaman, dan juga saling membantu. Tidak nampak dari kami 30 peserta menunjukan rasa persaingan, karena kami sepakat untuk maju dan berkembang bersama, siapapun yang terpilih menjadi DRB nanti, itulah saudara kami yang terhebat. Tentunya ini semua juga berkat para DRB yang membimbing kami, memberikan suport yang luar biasa, memberikan contoh, dan mengajarkan untuk saling berbagi. Terima kasih kepada para DRB Jawa Barat yang multi talenta dan penuh pesona: Bapak Muhamad Arifin, Ibu Juju Julaeha, Bapak Deni Rohendi, dan Bapak Asep Panji Lesmana.

Pada kegiatan pembaTIK level4: Berbagi ini mengusung tema “Berbagi Inovasi Pembelajaran Berbasis TIK Mewujudkan Merdeka Belajar”. Kegiatan pembaTIK ini bertujuan untuk  meningkatkan kompetensi guru-guru dalam penguasaan TIK untuk digunakan dalam pembelajaran kepada siswa di sekolahnya masing-masing. Terutama penggunaan Portal Rumah Belajar dalam kegiatan pembelajaran.

Kegiatan pada level 4 ini diawali dengan kuliah umum selama lima hari sebagai kegiatan pra pembelajaran, banyak ilmu dan inspirasi yang saya dapat di kuliah umum ini, berikut rangkuman dari kegiatan kuliah umum:

Hari Ke-1

Dilaksanakan pada hari Senin, 14 September 2020 pukul 09.00 WIB - selesai. Pada kuliah umum hari pertama ini juga ada sambutan oleh Mentei Pendidikan dan Kebudayaan RI Bapak Nadiem Makarim, B.A., M.B.A., dalam sambutannya beliau menyampaikan rasa bangga dan apresiasi terhadap kegiatan pembaTIK ini, karena tahun ini diikuti oleh lebih dari 60 ribu guru se Indonesia. “Ini menjadi penanda semakin banyak guru yang ingin meningkatkan kemampuannya untuk mengimplementasikan teknologi ke dalam proses belajar mengajar” ucapnya. Kemudian sesi berikutnya dilanjutkan oleh  Bapak arief Darmawan dari Pusdatin Kemendikbud. Beliau memaparkan secara gamblang tentang kegiatan PembaTIK ini dan juga Portal Rumah Belajar. Beliau juga menyampaikan pesan dari Bapak M. Hasan Chabibie, S.T., M.Si. selaku KaPusdatin bahwa dengan program PembaTIK, diharapkan dapat menumbuhkan motivasi, kreatifitas, dan inovasi guru dalam pembelajaran berbasis TIK. Selain itu, untuk meningkatkan profesionalisme pendidik melalui berbagi pengetahuan, keterampilan, dan wawasan dalam pemanfaatan TIK untuk pembelajaran. Kegiatan PembaTIK juga dapat memperluas jaringan kerjasama dalam pemanfaatan TIK pada komunitas pengguna portal Rumah Belajar. Dengan meningkatkan peran serta guru dalam pengembangan konten-konten yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar terbuka (OER), kita dapat bersama-sama mengembangkan model pembelajaran berbasis Portal Rumah Belajar.

Hari Ke-2

Kuliah umum hari ke-2 dilaksanakan pada hari selasa, 15 September 2020 dengan tiga sesi.

 

Sesi 1: materi “Kiat Sukses Bagi Para Pendidik Untuk Berkomunikasi Dengan Publik” dengan Nara Sumber Pakar: Charles Bonar Sirait, S.E.,M.M. (founder CBS School of Communications dan Penulias Buku Best Seller “The Power of Public Speaking”)

Sesi 2: Materi “Motivasi Guru dalam Mendidik: Belajar dalam Mengajar” dengan Nara Sumber Pakar: Butet Manurung (Aktivis Pendidikan dan Pendiri Sekolah Rimba).

Sesi 3: Materi “Kebijakan Pendidikan Terkait Guru dan Tenaga Kependidikan” dengan Nara Sumber Pakar: Dr. Iwan Syahril, Ph.D. (Dirjen GTK).

Hari ke-3

Kuliah umum hari ke-3 dilaksanakan pada hari Rabu, 16 September 2020 dengan materi: “Kiat menyusun penulisan yang menarik”, Nara Sumber Pakar: Mba Asma Nadia (Novelis Best Seller).

Unduh Rangkuman Materi Hari ke- 3 Klik Disini: Rangkuman hari ke-3

Hari ke-4

Kuliah umum hari ke-4 dilaksanakan pada hari Kamis, 17 September 2020 dengan materi: “Tips Membangun Sosial Media yang Sukses”. Nara Sumber Pakar : Bapak Wicaksono (Pengelola akun @ndorokakung).

 Unduh Rangkuman Materi Hari ke-4 Klik Disini:Rangkuman Materi Hari ke-4

Hari ke-5

Kuliah umum hari ke-5 dilaksanakan pada hari Jum’at,  18 September 2020 dengan materi: “Pemanfaatan Media Video Conference untuk Berbagi”. Nara Sumber Pakar: Prof. Dr. Ir. R. Eko Indrajit, M.Sc., M.Ba., M.Phil., M.A (Pakar Teknologi).

Unduh Rangkuman Materi Hari ke-5 Klik Disini:Rangkuman Kuliah Umum hari ke-5

Dari serangkaian kegiatan di atas, banyak ilmu dan inspirasi yang saya dapat. Nara sumber yang ahli dibidangnya, berpengalaman, menyampaikan materi dengan sangat jelas dan menyenangkan. Semoga apa yang saya dapat disini bisa bermanfaat buat diri sendiri, orang lain, dan tentunya para siswa di sekolah. Meskipun jalan terjal dan berliku untuk bisa mengimplementasikannya,  kalau kita memiliki kompetensi yang mumpuni, saya yakin bisa melawatinya dan sampai ditujuan. Semoga...

Merdeka Belajarnya, Rumah Belajar Portalnya, Maju Indonesia

Comments

  1. Kerenn pak,, jadi hareudang pingin cepet pynya blog juga🤗🤗😁😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya pak ayo semangat....pasti bisa, belajar bersama, makasih...

      Delete
  2. Wah resume super lengkap pak. Mantap

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon bimbingannya abang ku...maksih..msih jauh dari sempurna

      Delete
  3. jadi terinspirasiii... makasihh pak Bowo
    salam Jabar Juara

    ReplyDelete
  4. Mantap pak.. Enak dibacanya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih pa indra..tulisan sdrhan aja..

      Delete
  5. Keren pisan Bapa, lengkap pisan Bapa ceritanya, salam berbagi yaaa..(Yunita Indriani)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Modul 2.2 Pembelajaran Sosial-Emosional (PSE) - Koneksi Antar Materi

RPP Berdiferensiasi dan Terintegrasi KSE

Tugas Modul 1.3.a.5 Pembelajaran 3 - Refleksi Individu 4P