Sosialisasi Portal Rumah Belajar Kepada Siswa dan Guru di SDN 2 Girimukti


SDN 2 Girimukti adalah Sekolah tempat saya mengajar dan termasuk sekolah wilayah 3T. Kegiatan sosialisasi ini merupakan sosialisasi pertama saya yang dilakukan secara tatap muka. Sasaran sosialisasi adalah siswa kelas 5 dan 6 serta guru di SDN 2 Girimukti. Acara yang semula akan dilaksanakan pada hari Senin, 12 Oktober 2020 ini diundur pelaksanaanya menjadi hari Rabu, 14 Oktober 2020 karena hujan lebat sehari semalam sehingga menyebabkan aliran listrik dan sinyal seluler padam. Acara dimulai pukul 08.30 - 10.00 WIB.

Materi yang disampaikan adalah tentang "Pemanfaatan Portal Rumah Belajar Untuk Pembelajaran Dengan Menggunakan Kuota Belajar Gratis". Kegiatan ini dihadiri oleh 29 peserta yang terdiri dari: siswa kelas 6 sebanyak 16 orang, siswa kelas 5 sebanyak 8 orang, guru 3 orang, kepala sekolah dan pengawas SD (daftar hadir terlampir).

Tujuan sosialisasi ini adalah untuk memperkenalkan kepada siswa dan juga guru tentang  Rumah Belajar dan pemanfaatan kuota belajar gratis. Karena masih banyak siswa maupun guru yang belum tahu tentang pemanfaatan kuota belajar dan Portal Rumah Belajar.

Berikut laporan tahapan kegiatan dari awal sampai akhir:

Tahap Persiapan

  1. Melakukan koordinasi dengan rekan guru dan kepala sekolah
  2. Mencetak banner yang akan dipakai pada saat sosialisasi 
  3. Membuat flyer sebagai bentuk undangan dan menyebarkanya di grup WA
  4. Menyiapkan peralatan untuk presentasi 
  5. Menyiapkan peralatan untuk protokol kesehatan (thermogun, masker, hand sanitizer)
  6. Menyiapkan materi yang akan disampaikan (materi terlampir)
Tahap Pelaksanaan
  1. Siswa dan guru mengisi daftar hadir;
  2. Cek suhu tubuh, cuci tangan pakai hand sanitizer yang disediakan;
  3. Acara Inti: Acara diawali dengan pembukaan, menyanyikan lagu Indonesia Raya, berdoa, sambutan Kepala Sekolah (Bapak Rahmat Gumilang, S.Pd.SD)  via zoom, arahan dari Pengawas SD (Bapak Tatan Suhyana, S.Pd., M.Si.) via zoom, pemaparan materi, tanya jawab dan praktek mengakses Rumah Belajar, penutupan;
  4. Acara berjalan lancar dan tertib.
Manfaat yang didapat setelah sosialisasi

Siswa: mereka merasa senang dan terfahamkan mengenai pemanfaatan Rumah Belajar untuk Pembelajaran, bisa mengakses Rumah Belajar baik melalui web maupun aplikasi, meskipun untuk kelas 5 masih abnyak yang belum mempunyai HP sehingga mereka tidak bisa mempraktekannya secara langsung. Mengetahui kegunaan kuota belajar gratis untuk apa saja.
Guru: Terfahamkan tentang pemanfaatan Rumah Belajar untuk pembelajaran, sehingga mereka termotivasi dan tergerak untuk menjadikan Portal Rumah Belajar sebagai salah satu sumber belajar yang digunakan dalam pembelajaran. Mengetahui Fitur-fitur dan konten yang ada di Rumah Belajar. Mengetahui kegunaan kuota belajar gratis untuk mengakses apa saja.

Dokumentasi Kegiatan









Lampiran

Bukti Undangan melalui Flyer di WAG (Lihat/Unduh)
Daftar Hadir (Lihat/Unduh)
Materi (Lihat/Unduh)

#Sosialisasi #RumahBelajar #PembaTIKLevel4 #PembatikJABAR #Pembatik2020 #BerbagiInovasi #MerdekaBelajar #GuruPenggerakTIK #IndonesiaMaju

Comments

Popular posts from this blog

Modul 2.2 Pembelajaran Sosial-Emosional (PSE) - Koneksi Antar Materi

RPP Berdiferensiasi dan Terintegrasi KSE

Tugas Modul 1.3.a.5 Pembelajaran 3 - Refleksi Individu 4P