Sosialisasi Portal rumah Belajar Kepada Guru dan Siswa di SDN 3 Kertamukti

 

SDN 3 Kertamukti juga termasuk sekolah yang berada di wilayah 3T. Kegiatan sosialisasi ini merupakan sosialisasi saya yang ketiga secara tatap muka. Sasaran sosialisasi ini adalah guru-guru dan siswa kelas 5 dan 6 di SDN 3 Kertamukti. Acara ini dilaksanakan pada hari Kamis, 15 Oktober 2020 mulai pukul 08.00 - 10.00 WIB. 

Sambutan dan antusias yang luar biasa dari Kepala Sekolah dan Guru-guru membuat saya semakin bersemangat untuk berbagi sedikit pengetahuan  tentang Pemanfaatan Portal Rumah Belajar. Kegiatan sosialisasi tatap muka ini juga melaksanakan protokol kesehatan. 

Materi yang disampaikan adalah tentang "Pemanfaatan Portal Rumah Belajar Untuk Pembelajaran Dengan Menggunakan Kuota Belajar Gratis". Kegiatan ini dihadiri oleh 25 peserta yang terdiri dari: siswa kelas 6 sebanyak 5 orang, siswa kelas 5 sebanyak 14 orang, guru 5 orang, dan Kepala Sekolah (daftar hadir terlampir).

Tujuan sosialisasi ini adalah untuk memperkenalkan kepada siswa dan juga guru tentang  Rumah Belajar dan pemanfaatan kuota belajar gratis. Karena masih banyak siswa maupun guru yang belum tahu/faham tentang pemanfaatan kuota belajar dan Portal Rumah Belajar.

Berikut laporan tahapan kegiatan dari awal sampai akhir:

Tahap Persiapan

  1. Melakukan koordinasi dengan guru dan kepala sekolah setempat
  2. Mencetak banner yang akan dipakai pada saat sosialisasi 
  3. Membuat flyer sebagai bentuk undangan dan saya berikan kepada Kepala Sekolah untuk disebar kepada guru dan siswa SDN 3 Kertamukti
  4. Menyiapkan peralatan untuk presentasi 
  5. Menyiapkan peralatan untuk protokol kesehatan (thermogun, masker, hand sanitizer)
  6. Menyiapkan materi yang akan disampaikan (materi terlampir)
Tahap Pelaksanaan
  1. Siswa dan guru mengisi daftar hadir;
  2. Cek suhu tubuh, cuci tangan pakai hand sanitizer yang disediakan;
  3. Acara Inti: Acara diawali dengan pembukaan, doa, sambutan Kepala Sekolah (Bapak Lukman Hakim, S.Pd.I., M.M.), pemaparan materi, tanya jawab dan praktek mengakses Rumah Belajar, penutupan;
  4. Acara berjalan lancar dan tertib.
Manfaat yang didapat setelah sosialisasi

Siswa: mereka merasa senang dan terfahamkan mengenai pemanfaatan Rumah Belajar untuk Pembelajaran, bisa mengakses Rumah Belajar baik melalui web maupun aplikasi. Meskipun untuk kelas 5 masih abnyak yang belum mempunyai HP sehingga mereka tidak bisa mempraktekannya secara langsung. Mengetahui kegunaan kuota belajar gratis untuk apa saja.
Guru: Terfahamkan tentang pemanfaatan Portal Rumah Belajar untuk pembelajaran, sehingga mereka termotivasi dan tergerak untuk menjadikan Portal Rumah Belajar sebagai salah satu sumber belajar yang digunakan dalam pembelajaran. Mengetahui Fitur-fitur dan konten yang ada di Rumah Belajar. Mengetahui kegunaan kuota belajar gratis untuk mengakses apa saja.

Hasil evaluasi

Siswa: Karena mereka baru pertama kalinya mengenal Portal Rumah Belajar dan waktu sosialisasi yang terbatas, sehingga mereka belum terlalu fham akan fitur-fitur pendukung serta sumber belajar lainnya yang ada di Portal Rumah Belajar. Sehingga perlu diadaknya sosialisasi lanjutan. 
Guru: Masih bingung untuk mengimplementasikannya dalam pembelajaran terutama untuk kelas rendah. 

Dokumentasi Kegiatan







Lampiran

Bukti Undangan melalui Flyer di WAG (Lihat/unduh)
Daftar Hadir (Lihat/unduh)
Materi (Lihat/Unduh)

#Sosialisasi #RumahBelajar #PembaTIKLevel4 #PembatikJABAR #Pembatik2020 #BerbagiInovasi #MerdekaBelajar #GuruPenggerakTIK #IndonesiaMaju

Comments

Popular posts from this blog

Modul 2.2 Pembelajaran Sosial-Emosional (PSE) - Koneksi Antar Materi

RPP Berdiferensiasi dan Terintegrasi KSE

Tugas Modul 1.3.a.5 Pembelajaran 3 - Refleksi Individu 4P