Laporan Aksi Nyata Modul 1.2 Nilai dan Peran Guru Penggerak
LAPORAN KEGIATAN AKSI NYATA MODUL 1.2 NILAI DAN PERAN GURU PENGGERAK
Judul Kegiatan:
Kegiatan Pembiasaan
“Menyanyikan Lagu Indonesia Raya Sebelum Belajar”
Oleh:
Latar Belakang dan Tujuan
Semakin lunturnya rasa nasionalisme pada anak-anak
sekarang karena dampak dari globalisasi, membuat kita sebagai guru harus terus
berusaha agar rasa asionalisme itu ada dan tertanam baik pada anak. Contohnya
anak-anak lebih hafal lagu-lagu pop dewasa baik dalam negeri maupun luar negeri
dari pada lagu wajib nasional. Nah, salah satunya adalah dengan cara
membiasakan anak-anak untuk menyanyikan lagu Indonesia raya sebelum kegiatan
belajar dimulai. Dipimpin secara bergantian oleh anak. Saya yakin dengan
kegiatan pembiasaan yang dilaksanakan secara konsisten dan terus menerus akan
menumbuhkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air pada diri anak.
Deskripsi Aksi
Sebenarnya
kegiatan pembiasaan ini telah saya lakukan sebelumnya sewaktu kegiatan belajar
masih tatap muka di sekolah, namun belum konsisten dan berkelanjutan. Mengingat
di masa pandemi ini, anak-anak belajar di rumah semenjak bulan Maret
2020. Otomatis selama kurang lebih 10 bulan ini, anak tidak pernah melaksanakan
kegiatan upacara bendera seperti biasanya sehingga akan jarang sekali
menyanyikan lagu Indonesia Raya.
Karena kegiatan
pembelajaran masih dilakukan secara jarak jauh, maka kegiatan aksi nyata ini
juga saya laksanakan melalui media whatsapp grup kelas. Adapun
tahapan-tahapannya sebagai berikut:
1.
Mempersiapkan
bahan dan perlatan yang dibutuhkan seperti: Tablet, Kuota internet,dan video
lagu Indonesia Raya
Hasil Aksi
Setelah aksi dilaksanakan
sesuai langkah-langkah yang telah ditentukan, maka didapatkan keberhasilan dan
juga kegagalan atau hambatannya. Keberhasilannya adalah Siswa dapat menyanyikan
lagu Indonesia Raya dengan lebih baik lagi setelah belajar lewat video yang
diberikan.
Sementara untuk kegagalan/hambatannya antara lain:
1.
kegiatan aksi nyata ini lebih tepat ketika diterapkan
nanti apabila anak-anak sudah masuk sekolah lagi
2.
Kesulitan untuk melatih anak menjadi dirigen karena
harus dilakukan secara tatap muka dan langsung dipraktekan bersama
3.
Tidak bisa mengontrol setiap sebelum pelajaran apakah
anak menyanyikannya dengan benar dan serius
4.
Anak tidak bisa mempraktekan menjadi dirigen secara
bergantian sesuai rencana.
5.
Belum bisa mengukur tingkat perubahan kedisiplinan dan
rasa nasionalisme pada anak secara nyata
Pembelajaran Yang Didapat
Pembelajaran yang saya
dapatkan dari kegiatan aksi nyata ini adalah tidak semua rancangan kegiatan
yang kita buat selamanya berjalan mulus, pasti banyak halangan dan hambatan
yang datang di luar dugaan kita. Namun, sebagai guru penggerak kita harus terus
melakukan pergerakan dan perubahan walaupun hanya sedikit. Semangat yang tinggi
dan tidak mudah putus asa adalah modal utama untuk melakukan pergerakan dan
perubahan.
Rencana Perbaikan dan Tindak Lanjut
Perbaikan yang akan
dilakukan adalah menyusun rencana aksi yang harus disesuaikan lagi dengan
kondisi dan situasi pembelajaran yang sedang berlangsung supaya lebih efektif
dan berjalan lancar. Kemudian untuk tindak lanjutnya adalah menerapkan dan
meneruskan kegiatan aksi ini apabila nanti pembelajaran sudah dilakukan secara
tatap muka.
Dokumentasi Kegiatan
Comments
Post a Comment