Laporan Aksi Nyata Modul 1.2 Nilai dan Peran Guru Penggerak

LAPORAN KEGIATAN AKSI NYATA MODUL 1.2 NILAI DAN PERAN GURU PENGGERAK

Judul Kegiatan:

Kegiatan Pembiasaan “Menyanyikan Lagu Indonesia Raya Sebelum Belajar”

Oleh:

Bowo Hadi Kuswono, S.Pd.
SDN 2 Girimukti Kecamatan Cikelet
Calon Guru Penggerak Angkatan 1 Kabupaten Garut


Latar Belakang dan Tujuan

Semakin lunturnya rasa nasionalisme pada anak-anak sekarang karena dampak dari globalisasi, membuat kita sebagai guru harus terus berusaha agar rasa asionalisme itu ada dan tertanam baik pada anak. Contohnya anak-anak lebih hafal lagu-lagu pop dewasa baik dalam negeri maupun luar negeri dari pada lagu wajib nasional. Nah, salah satunya adalah dengan cara membiasakan anak-anak untuk menyanyikan lagu Indonesia raya sebelum kegiatan belajar dimulai. Dipimpin secara bergantian oleh anak. Saya yakin dengan kegiatan pembiasaan yang dilaksanakan secara konsisten dan terus menerus akan menumbuhkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air pada diri anak.

Tujuan dilaksanakannya aksi nyata ini adalah:
1.        Siswa bisa menyanyikan lagu Indonesia Raya dengan baik
2.        Menumbuhkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air pada diri anak
3.        Melatih kepemimpinan
4.        Melatih kedisiplinan
5.        Melatih rasa percaya diri tampil di depan

Deskripsi Aksi

Sebenarnya kegiatan pembiasaan ini telah saya lakukan sebelumnya sewaktu kegiatan belajar masih tatap muka di sekolah, namun belum konsisten dan berkelanjutan. Mengingat di masa pandemi ini, anak-anak belajar di rumah semenjak bulan Maret 2020. Otomatis selama kurang lebih 10 bulan ini, anak tidak pernah melaksanakan kegiatan upacara bendera seperti biasanya sehingga akan jarang sekali menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Karena kegiatan pembelajaran masih dilakukan secara jarak jauh, maka kegiatan aksi nyata ini juga saya laksanakan melalui media whatsapp grup kelas. Adapun tahapan-tahapannya sebagai berikut:

1.      Mempersiapkan bahan dan perlatan yang dibutuhkan seperti: Tablet, Kuota internet,dan video lagu Indonesia Raya

2.       Memberitahu atasan dan teman sejawat terkait rencana yang akan dilakukan dan meminta dukungannya
3.      Mensosialisasikan pada anak melalui video conference atau chat di grup
4.      Memberikan video lagu Indonesia Raya kepada anak melalu WAG supaya mereka bisa berlatih bernyanyi dengan baik
5.      Mulai menjalankan kegiatan menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum belajar
6.      Menyampaikan hasil aksi kepada atasan dalam bentuk artikel
7.      Melakukan refleksi dan evaluasi atas tindakan aksi nyata yang telah dilakukan

Hasil Aksi

Setelah aksi dilaksanakan sesuai langkah-langkah yang telah ditentukan, maka didapatkan keberhasilan dan juga kegagalan atau hambatannya. Keberhasilannya adalah Siswa dapat menyanyikan lagu Indonesia Raya dengan lebih baik lagi setelah belajar lewat video yang diberikan.

Sementara untuk kegagalan/hambatannya antara lain:

1.      kegiatan aksi nyata ini lebih tepat ketika diterapkan nanti apabila anak-anak sudah masuk sekolah lagi

2.      Kesulitan untuk melatih anak menjadi dirigen karena harus dilakukan secara tatap muka dan langsung dipraktekan bersama

3.      Tidak bisa mengontrol setiap sebelum pelajaran apakah anak menyanyikannya dengan benar dan serius

4.      Anak tidak bisa mempraktekan menjadi dirigen secara bergantian sesuai rencana.

5.      Belum bisa mengukur tingkat perubahan kedisiplinan dan rasa nasionalisme pada anak secara nyata

Pembelajaran Yang Didapat

Pembelajaran yang saya dapatkan dari kegiatan aksi nyata ini adalah tidak semua rancangan kegiatan yang kita buat selamanya berjalan mulus, pasti banyak halangan dan hambatan yang datang di luar dugaan kita. Namun, sebagai guru penggerak kita harus terus melakukan pergerakan dan perubahan walaupun hanya sedikit. Semangat yang tinggi dan tidak mudah putus asa adalah modal utama untuk melakukan pergerakan dan perubahan.

Rencana Perbaikan dan Tindak Lanjut

Perbaikan yang akan dilakukan adalah menyusun rencana aksi yang harus disesuaikan lagi dengan kondisi dan situasi pembelajaran yang sedang berlangsung supaya lebih efektif dan berjalan lancar. Kemudian untuk tindak lanjutnya adalah menerapkan dan meneruskan kegiatan aksi ini apabila nanti pembelajaran sudah dilakukan secara tatap muka.

Dokumentasi Kegiatan



Comments

Popular posts from this blog

Tugas Modul 1.3.a.5 Pembelajaran 3 - Refleksi Individu 4P

Modul 2.2 Pembelajaran Sosial-Emosional (PSE) - Koneksi Antar Materi

RPP Berdiferensiasi dan Terintegrasi KSE