2.1.a.9 Koneksi Antar Materi - Modul 2
Modul 2.1 Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid
Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi
Oleh:
A.
Apa Itu Pembelajaran Berdiferensiasi?
Menurut Tomlinson (2000), Pembelajaran
berdiferensiasi adalah usaha untuk menyesuaikan proses pembelajaran di kelas
untuk memenuhi kebutuhan belajar individu setiap murid. Pada proses
pembelajaran ini kita menekankan pada kebutuhan individu, mengapa demikian? Ya,
karena kita tahu bahwa setiap anak itu unik, mereka punya ciri khas
masing-masing. Setiap anak terlahir dengan kodrat alam dan zamannya, guru hanya
bisa menuntun lakunya bukan kodratnya. Maka dari itu sebagai guru kita harus
memperhatikan kebutuhan belajar setiap murid yang berbeda.
Namun demikian, bukan berarti kita
mengajar dengan berbagai cara yang berbeda dalam suatu waktu. Melainkan kita
memetakan dulu kebutuhan belajar murid minimal dari 3 aspek, yaitu: kesiapan
belajar murid, minat murid, dan profil belajar murid.
B.
Bagaimana Pembelajaran Berdiferensiasi Bisa Diterapkan Di Kelas?
Sebelum menyusun
rencana pembelajaran berdiferensiasi, guru hendaknya memetakan dan
mengkategorikan dahulu murid berdasarkan kesiapan belajar, minat, dan profil
belajarnya. Hal ini bisa dilakukan dengan cara observasi awal atau survey.
Berikut contoh pemetaan kebutuhan belajar murid:
Setelah memetakan kebutuhan murid seperti di atas, kita bisa membuat rencana pembelajaran berdiferensiasi. Minimal kita melakukan diferensiasi dari salah satunya apakah dari segi proses, konten, atau produknya.
C.
Mengapa Pembelajaran Berdiferensiasi?
Karena dengan pembelajaran berdiferensiasi, kita sebagai guru sudah memperlakukan dan melayani murid dengan adil. Tidak ada lagi murid yang merasa tidak diperhatikan oleh guru. Minat dan bakat murid akan semakin berkembang dengan pembelajaran berdiferensiasi ini.
D.
Kesimpulan
Menurut Ki
Hajar Dewantara, guru diibaratkan seorang petani dan murid adalah benihnya.
Seorang petani tugasnya adalah merawat dan menjaga benih-benih itu, tentu saja
benih yang tumbuh itu berbeda-beda dalam perkembangannya dan juga berbeda
jenisnya. Misalkan untuk merawat benih jagung tentu saja akan berbeda dengan
merawat benih padi. Seorang petani harus memberikan perawatannya sesuai dengan
kebutuhan benih-benih yang berbeda tadi sampai semuanya berbuah.
Begitu juga kita sebagai guru harus jeli dalam melihat keberagaman kebutuhan siswa, ada yang lambat, sedang, dan cepat. Ada yang suka agama, sains, seni, olahraga, dan sebagainya. Ada yang suka belajar dengan cepat melalui penglihatan, pendengaran, atau kinestetik. Semua harus kita akomodir dalam proses pembelajaran.
Kita sadari betul bahwa untuk melakukan sebuah perubahan itu dibutuhkan tekad dan upaya yang keras, konsisten, dan berkesinambungan serta kolaborasi dengan semua pihak. Untuk itu seorang guru harus mempunyai sebuah visi yang jelas, visi yang berpihak pada murid, visi yang terukur dan realistis sesuai dengan kondisi dan lingkungan masing-masing. Melangkah sedikit demi sedikit dan konsisten dilakukan lebih baik daripada berlari namun terus berhenti. Itulah sejatinya GURU PENGGERAK.
Comments
Post a Comment