Aksi Nyata Modul 1.3 Visi Guru Penggerak

Aksi Nyata Modul 1.3 Visi Guru Penggerak 

Judul Kegiatan:

Melibatkan peran aktif siswa dalam menuyusun kesepakatan kelas dan kegiatan pembelajaran di WAG

Oleh:

Bowo Hadi Kuswono, S.Pd.
SDN 2 Girimukti Kecamatan Cikelet
Calon Guru Penggerak Angkatan 1 Kabupaten Garut

Latar Belakang

Kegiatan belajar mengajar saat ini masih dilakukan di rumah. Salah satu kendalanya adalah bagaimana guru membangun komunikasi yang efektif dan melibatkan murid secara aktif dalam kegiatan pembelajaran. Belajar dengan munggunakan HP atau tablet adalah hal baru bagi murid-murid di sekolah kami. Oleh karena itu, melibatkan mereka secara aktif dalam menyusun kesepakatan kelas dan kegiatan pembelajaran diharapkan menjadi semangat dan menjadi ajang untuk belatih memimpin serta berkesan bagi mereka.

Adapun tujuan dari aksi nyata ini adalah sebagai berikut:

1.      Siswa dapat berperan aktif dalam menyusun kesepakatan kelas selama PJJ

2.      Siswa dapat memimpin pembukaan kelas secara bergantian untuk meningkatkan partisipasinya dalam proses pembelajaran

3.      Pembelajaran melalui WAG menjadi berkesan bagi siswa

Tolok ukur dari keberhasilan yang dapat dilihat setelah aksi ini adalah:

1.      Terbentuknya kesepakatan kelas yang disetujui oleh semua murid dan juga guru

2.      Siswa mampu membuka kelas dari pembukaan, memimpin berdoa, absensi dan menyampaikan apa yang telah dipelajarinya di hari sebelumnya secara garis besar

3.      Kehadiran siswa maksimal

 

Deskripsi Aksi

Pelaksanaan aksi nyata ini saya lakukan melalui chat Whatsapp grup kelas 6 SDN 2 Girimukti, dikarenakan siswa masih belajar dari rumah. Dalam melaksanakan kegiatan ini langlah-langkah yang saya lakukan adalah sebagi berikut:

1.      Meminta dukungan dari rekan sejawat dan atasan

2.      Berkomunikasi dengan orang tua siswa dan memintanya untuk mendampingi anaknya selama belajar

3.      Mensosialisasikan rencana kegiatan kepada siswa

4.      Melaksanakan rencana kegiatan bersama siswa

5.      Mulai melaksanakan apa yang telah disepakati dan disetujui bersama

6.      Siswa secara bergantian membuka kelas, memimpin berdoa, absensi, dan menyampaikan apa yang telah dipelajarinya di hari ksebelumnya secara garis besar.

7.      Menyampaikan laporan kegiatan kepada atasan

8.      Mengadakan evaluasi bersama rekan sejawat dan atasan

Alhamdulillah semua siswa antusias dan menyambut baik aksi yang saya lakukan ini, tidak ada kendala berarti dalam kegiatan aksi nyata ini. 

Hasil

Hasil yang didapat dari kegiatan ini sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan dalam rancangan aksi yaitu:

1.      Siswa  berperan aktif dalam menyusun kesepakatan kelas selama PJJ, ini ditunjukan dengan siswa berani mengungkakan pendapatnya dan terlibat aktif dalam percakapan serta memberi respon terhadap pendapat orang lain.

2.      Siswa dapat memimpin pembukaan kelas secara bergantian untuk meningkatkan partisipasinya dalam proses pembelajaran, ini ditunjukan dengan siswa secara bergantian membuka kegiatan pembelajaran di WAG. Mereka mengucapkan salam, menanyakan kabar dan juga mengabsen teman-temannya. Mereka juga diberikan kesempatan untuk menunjuk temannya yang lain yang akan mendapatkan giliran untuk hari selanjutnya.

3.      Pembelajaran melalui WAG menjadi berkesan bagi siswa, dengan memberikan kesempatan bagi siswa untuk memulai kelas, siswa merasa antusias dan bertanggung jawab untuk melaksanakannya dengan baik.

4.      Terbentuknya kesepakatan kelas yang telah disetujui oleh semua anggota kelas dan juga guru

5.      Kehadiran siswa sangat baik

6.      Masih ada beberapa murid yang melanggar kesepakatan kelas yaitu dalam hal mandi sebelum belajar, katanya alasannya dingin.

 

Pembelajaran Yang Didapat

Pembelajaran yang saya dapat setelah melakukan kegiatan ini, diantaranya adalah:

1.      Ternyata setiap murid itu merasa senang dan sangat respon apabila temannya sendiri yang membuka atau mengawali kelas.

2.      Memberikan kesempatan dan kepercayaan serta dorongan penuh kepada murid, akan menjadikan mereka lebih bertanggung jawab.

 

Rencana Perbaikan dan tindak lanjut

Rencana perbaikan ke depannya adalah membuat kesepakatan kelas melalui video conference supaya lebih menarik lagi dan memberikan pengalaman yang berbeda kepada siswa. Untuk rencana tindak lanjutnya adalah mengevaluasi kesepakatan kelas yang sudah dibuat dan disesuaikan lagi secara berkala berdasarkan hasil yang dicapai.

Dokumen Aksi Nyata




Comments

Popular posts from this blog

Modul 2.2 Pembelajaran Sosial-Emosional (PSE) - Koneksi Antar Materi

RPP Berdiferensiasi dan Terintegrasi KSE

Tugas Modul 1.3.a.5 Pembelajaran 3 - Refleksi Individu 4P