Aksi Nyata Modul 1.3 Visi Guru Penggerak
Aksi Nyata Modul 1.3 Visi Guru Penggerak
Judul Kegiatan:
Melibatkan peran aktif siswa
dalam menuyusun kesepakatan kelas dan kegiatan pembelajaran di WAG
Oleh:
Latar Belakang
Kegiatan belajar mengajar saat ini masih dilakukan di
rumah. Salah satu kendalanya adalah bagaimana guru membangun komunikasi yang
efektif dan melibatkan murid secara aktif dalam kegiatan pembelajaran. Belajar
dengan munggunakan HP atau tablet adalah hal baru bagi murid-murid di sekolah
kami. Oleh karena itu, melibatkan mereka secara aktif dalam menyusun kesepakatan
kelas dan kegiatan pembelajaran diharapkan menjadi semangat dan menjadi ajang untuk
belatih memimpin serta berkesan bagi mereka.
Adapun tujuan dari aksi nyata ini adalah sebagai berikut:
1. Siswa dapat berperan aktif dalam menyusun kesepakatan kelas selama PJJ
2. Siswa dapat memimpin pembukaan kelas secara bergantian untuk meningkatkan partisipasinya
dalam proses pembelajaran
3. Pembelajaran melalui WAG menjadi berkesan bagi siswa
Tolok ukur dari keberhasilan
yang dapat dilihat setelah aksi ini adalah:
1. Terbentuknya kesepakatan kelas yang disetujui oleh semua murid dan juga
guru
2. Siswa mampu membuka kelas dari pembukaan, memimpin berdoa, absensi dan
menyampaikan apa yang telah dipelajarinya di hari sebelumnya secara garis besar
3. Kehadiran siswa maksimal
Deskripsi Aksi
Pelaksanaan aksi nyata
ini saya lakukan melalui chat Whatsapp grup kelas 6 SDN 2 Girimukti,
dikarenakan siswa masih belajar dari rumah. Dalam melaksanakan kegiatan ini
langlah-langkah yang saya lakukan adalah sebagi berikut:
1.
Meminta
dukungan dari rekan sejawat dan atasan
2.
Berkomunikasi
dengan orang tua siswa dan memintanya untuk mendampingi anaknya selama belajar
3.
Mensosialisasikan
rencana kegiatan kepada siswa
4.
Melaksanakan
rencana kegiatan bersama siswa
5.
Mulai
melaksanakan apa yang telah disepakati dan disetujui bersama
6.
Siswa
secara bergantian membuka kelas, memimpin berdoa, absensi, dan menyampaikan apa
yang telah dipelajarinya di hari ksebelumnya secara garis besar.
7.
Menyampaikan
laporan kegiatan kepada atasan
8.
Mengadakan
evaluasi bersama rekan sejawat dan atasan
Alhamdulillah semua siswa antusias dan menyambut baik aksi yang saya lakukan ini, tidak ada kendala berarti dalam kegiatan aksi nyata ini.
Hasil
Hasil yang
didapat dari kegiatan ini sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan dalam
rancangan aksi yaitu:
1. Siswa berperan aktif dalam menyusun
kesepakatan kelas selama PJJ, ini ditunjukan dengan siswa berani mengungkakan
pendapatnya dan terlibat aktif dalam percakapan serta memberi respon terhadap
pendapat orang lain.
2. Siswa dapat memimpin pembukaan kelas secara bergantian untuk meningkatkan partisipasinya
dalam proses pembelajaran, ini ditunjukan dengan siswa secara bergantian
membuka kegiatan pembelajaran di WAG. Mereka mengucapkan salam, menanyakan
kabar dan juga mengabsen teman-temannya. Mereka juga diberikan kesempatan untuk
menunjuk temannya yang lain yang akan mendapatkan giliran untuk hari
selanjutnya.
3. Pembelajaran melalui WAG menjadi berkesan bagi siswa, dengan memberikan
kesempatan bagi siswa untuk memulai kelas, siswa merasa antusias dan
bertanggung jawab untuk melaksanakannya dengan baik.
4. Terbentuknya kesepakatan kelas yang telah disetujui oleh semua anggota
kelas dan juga guru
5. Kehadiran siswa sangat baik
6. Masih ada beberapa murid
yang melanggar kesepakatan kelas yaitu dalam hal mandi sebelum belajar, katanya
alasannya dingin.
Pembelajaran Yang Didapat
Pembelajaran yang saya dapat setelah melakukan kegiatan ini, diantaranya
adalah:
1.
Ternyata setiap murid itu merasa senang dan sangat respon
apabila temannya sendiri yang membuka atau mengawali kelas.
2.
Memberikan kesempatan dan kepercayaan serta dorongan
penuh kepada murid, akan menjadikan mereka lebih bertanggung jawab.
Rencana Perbaikan dan tindak lanjut
Comments
Post a Comment