Aksi Nyata Modul 1.4 Budaya Positif Di Sekolah
Aksi Nyata Modul 1.4 Budaya Positif Di Sekolah
Judul Kegiatan:
Melibatkan Murid Secara Aktif Dalam Membuat Grup Kecil Kelompok Belajar Melalui Whatsapp Grup
Oleh:
Latar Belakang
Tidak bisa dipungkiri bahwa motivasi belajar murid cenderung menurun di
masa PJJ ini. Kreatifitas dan inovasi dari seorang guru sangat
diperlukan untuk bisa membuat murid-murid bersemangat dalam belajarnya. Dan
tentu saja, guru harus melibatkan murid secara aktif supaya tumbuh motivasi
intrinsik-nya. Penumbuhan-penumbuhan karakter positif dalam pembelajaran
harus tetap dilakukan, antara lain kerja sama antar murid dalam proses
pembelajaran. Tidak bertatap muka bukan
berarti penghalang untuk bisa bekerja sama. Salah satu upaya yang saya lakukan
untuk menumbuhkan budaya kerja sama ini adalah dengan membentuk grup kecil
kelompok belajar dengan melibatkan peran aktif dari murid.
Adapun
tujuan dari aksi nyata ini adalah sebagi berikut:
Deskripsi Aksi
Pelaksanaan aksi nyata ini saya lakukan melalui aplikasi zoom
dan chat whatsapp grup kelas 6 SDN 2 Girimukti, dikarenakan siswa masih
belajar dari rumah. Dalam melaksanakan kegiatan ini langlah-langkah yang saya
lakukan adalah sebagi berikut:
1. Persiapan
·
Menyampaikan rencana aksi
kepada atasan dan meminta dukungan dari rekan sejawat
·
Mempersiapkan alat yang
dibutuhkan
·
Menyampaikan rencana aksi
kepada murid melalui zoom dan WAG
·
Meminta dukungan orang tua
untuk mendampingi anaknya
2. Pelaksanaan
·
Membuat Grup kecil kelompok
belajar melalui WAG bersama murid
·
Guru dan murid menyepakati
jumlah dan nama anggota setiap kelompoknya
·
Murid membuat WAG kecil
sesuai nama-nama yang telah disepakati
·
Murid berdiskusi untuk
menentukan nama kelompok dan ketua kelompok
·
Menyampaikan hasilnya di WAG
kelas dan memasukan guru ke setiap kelompok kecilnya
·
Kelompok kecil siap untuk
melakukan kegiatan pembelajaran
3. Refleksi dan evaluasi
·
Guru dan murid melakukan
refleksi dan evaluasi setelah rencana aksi dilakukan dan dijalankan dalam kegiatan
pembelajaran
·
Meminta tanggapan dari guru
lain terkait aksi yang sudah dilaksanakan
·
Melakukan perbaikan dan
rencana tindak lanjut
Secara menyeluruh pelaksanaan aksi nyata ini berjalan
dengan baik dan sesuai harapan.
Hasil
Secara umum hasil yang
didapat dari kegiatan ini bagus, ini ditandai dengan tercapainya tujuan aksi
yang dapat dilihat dari tolok ukur yang dibuat yaitu:
1.
Terbentuknya WAG kelompok belajar murid
2.
Kehadiran murid meningkat dan pengumpulan tugas-tugas
belajar sesuai waktu yang disepakati
3.
Murid-murid dapat menyelesaikan tugas-tugas yang
diberikan melalui diskusi kelompok yang telah dibuat
Namun ada beberapa hal
yang masih menjadi tantangan setelah aksi ini dijalankan, khusunya mengenai
diskusi kelompok kecil, yaitu:
1.
Murid merasa kaku dan tidak bebas jika guru masuk dalam
grup kecil mereka, mereka lebih senang apabila guru tidak masuk dalam grup-nya.
2.
Masih ada beberapa murid yang dilaporkan oleh teman
sekelompoknya bahwa dia tidak ikut berdiskusi atau bersama-sama mengerjakan
tugas kelompok.
Pembelajaran Yang Didapat
Pembelajaran yang saya dapat setelah melakukan kegiatan ini, diantaranya
adalah:
1.
Guru harus lebih memberikan pemahaman kepada murid bahwa
jangan pernah memandang temannya itu anak yang bodoh sehingga mereka tidak mau
menjadi satu kelompok dengan-nya.
2.
Membangun dan mendorong mereka untuk berkolaborasi dan
berkerja sama saat BDR ini sangat penting, mengingat sudah hampir satu tahun
anak-anak tidak berinteraksi secara langsung dengan teman-temannya, keadaan
seperti ini menyebabkan sifat individualis semakin dominan.
Rencana Perbaikan dan tindak lanjut
Rencana perbaikan dan tindak lanjut ke depannya adalah sebagai
berikut:
1.
Merubah secara berkala anggota kelompok, sehingga mereka
bisa bekerja sama dengan teman-teman lainnya.
2.
Lebih memberikan dorongan dan bimbingan kepada murid
dalam melakukan diskusi kelompok.
3.
Mengganti secara berkala ketua kelompoknya, sehingga
semua murid bisa merasakan menjadi ketua kelompok
Dokumentasi Kegiatan Aksi
Comments
Post a Comment