Rancangan Aksi Nyata Modul 3.2 -Pemimpin Dalam Pengelolaan Sumber Daya
Rancangan
Tindakan untuk Aksi Nyata
Judul Modul : 3.2 Pemimpin Dalam Pengelolaan
Sumber Daya
Nama Peserta : Bowo Hadi Kuswono, S.Pd.
Latar belakang
Dalam perkembangannya, seorang guru sebagai pemimpin pembelajaran harus mampu mengidentifikasi dan memanfaatkan segala sumber/modal/aset yang ada. Baik modal/aset yang ada di kelas maupun lingkungan sekolah untuk bisa meningkatkan kualitas pembelajaran maupun membuat sebuah program yang berdampak pada murid. Langkah kecil perubahan yang dilakukan oleh seorang guru dengan melibatkan murid akan memberikan dampak positif bagi perkembangan murid. Modal atau aset yang dapat digunakan dalam mengembangkan komunitas antara lain: modal manusia, modal sosial, modal fisik, modal lingkungan/alam, modal finansial, modal politik, dan modal agama dan budaya.
Tujuan
Tolok Ukur
Linimasa tindakan yang akan dilakukan (BAGJA)
1. Buat
Pertanyaan
·
Bagaimana caranya memanfaatkan waktu pulang
murid menjadi lebih bermakna dan mampu meningkatkan keterampilan murid dalam
memimpin dan bertanya?
2. Ambil
Pelajaran
·
Murid-murid sudah terbiasa bergiliran
memimpin baris dan berdoa sebelum belajar
3. Gali Mimpi
·
Setiap murid bisa berani berperan sebagai
guru di depan untuk memberikan pertanyaan-pertanyan kepada teman-temannya pas
waktu pulang
·
Selain bisa menjawab, murid-murid diharapkan
mampu membuat pertanyaan-pertanyaan terkait materi yang sudah diberikan atau
pengetahuan lainnya yang relevan
4. Jabarkan
Rencana
·
Setelah selesai jam pelajaran dan berdoa,
salah satu murid disuruh maju ke depan untuk memberikan pertanyaan-pertanyaan
kepada temannya, dan siapa yang dapat menjawab dengan benar boleh pulang.
Pertanyaan yang diberikan terkait materi pelajaran hari itu atau boleh
pertanyaan umum lainnya yang relevan berdasarkan kesepakatan.
·
Murid yang tampil di depan hari itu menunjuk
salah satu temannya untuk giliran besoknya
·
Monitor dilakukan oleh guru dan murid kepada
murid dan untuk murid sendiri
5. Atur Eksekusi
·
Penanggung jawab dan pengarah adalah guru
kelas.
Semua murid terlibat secara aktif dan bertanggung jawab. Apabila ada murid yangmendapat giliran dan tidak hadir bisa digantikan dengan murid lainnya setelah bermusyawarah
Dukungan yang dibutuhkan
Dukungan:
Dukungan dari Kepala Sekolah dan rekan sejawat diperlukan untuk kelancaran aksi ini, supaya bisa diterapkan di kelas lainnya. Dan juga dukungan orang tua dalam mendampingi anaknya belajar di rumah
Bagus sekali pak.
ReplyDeleteTerima kasih Bu,..sama2 belajar
Delete👍👍👍👍
ReplyDelete