Rancangan Aksi Nyata Modul 3.2 -Pemimpin Dalam Pengelolaan Sumber Daya

Rancangan Tindakan untuk Aksi Nyata

Judul Modul    : 3.2 Pemimpin Dalam Pengelolaan Sumber Daya

Nama Peserta : Bowo Hadi Kuswono, S.Pd. 

Latar belakang

Dalam perkembangannya, seorang guru sebagai pemimpin pembelajaran harus mampu mengidentifikasi dan memanfaatkan segala sumber/modal/aset yang ada. Baik modal/aset yang ada di kelas maupun lingkungan sekolah untuk bisa meningkatkan kualitas pembelajaran maupun membuat sebuah program yang berdampak pada murid. Langkah kecil perubahan yang dilakukan oleh seorang guru dengan melibatkan murid akan memberikan dampak positif bagi perkembangan murid. Modal atau aset yang dapat digunakan dalam mengembangkan komunitas antara lain: modal manusia, modal sosial, modal fisik, modal lingkungan/alam, modal finansial, modal politik, dan modal agama dan budaya.

Tujuan

1.     Melatih murid untuk berani tampil di depan kelas
2.     Melatih murid menjadi seorang pemimpin dalam pengambilan keputusan
3.     Melatih keterampilan bertanya

Tolok Ukur

1.     Setiap murid berani tampil memimpin di depan
2.     Setiap murid bisa membuat pertanyaan untuk murid-murid lainnya
3.     Dokumentasi saat kegiatan dilaksanakan

Linimasa tindakan yang akan dilakukan (BAGJA)

1.     Buat Pertanyaan

·         Bagaimana caranya memanfaatkan waktu pulang murid menjadi lebih bermakna dan mampu meningkatkan keterampilan murid dalam memimpin dan bertanya?

2.     Ambil Pelajaran

·         Murid-murid sudah terbiasa bergiliran memimpin baris dan berdoa sebelum belajar

·         Murid-murid senang dan antusias bila waktu pulang diberi pertanyaan oleh guru dan murid yang cepat menjawab berarti boleh pulang duluan

3.     Gali Mimpi

·         Setiap murid bisa berani berperan sebagai guru di depan untuk memberikan pertanyaan-pertanyan kepada teman-temannya pas waktu pulang

·         Selain bisa menjawab, murid-murid diharapkan mampu membuat pertanyaan-pertanyaan terkait materi yang sudah diberikan atau pengetahuan lainnya yang relevan

4.     Jabarkan Rencana

·         Setelah selesai jam pelajaran dan berdoa, salah satu murid disuruh maju ke depan untuk memberikan pertanyaan-pertanyaan kepada temannya, dan siapa yang dapat menjawab dengan benar boleh pulang. Pertanyaan yang diberikan terkait materi pelajaran hari itu atau boleh pertanyaan umum lainnya yang relevan berdasarkan kesepakatan.

·         Murid yang tampil di depan hari itu menunjuk salah satu temannya untuk giliran besoknya

·         Monitor dilakukan oleh guru dan murid kepada murid dan untuk murid sendiri

5.     Atur Eksekusi

·         Penanggung jawab dan pengarah adalah guru kelas.

Semua murid terlibat secara aktif dan bertanggung jawab. Apabila ada murid yangmendapat giliran dan tidak hadir bisa digantikan dengan murid lainnya setelah bermusyawarah

Dukungan yang dibutuhkan

 

Dukungan:

1.     Atasan (Kepala Sekolah)
2.     Rekan sejawat (Guru-guru)
3.     Orang tua murid

Dukungan dari Kepala Sekolah dan rekan sejawat diperlukan untuk kelancaran aksi ini, supaya bisa diterapkan di kelas lainnya. Dan juga dukungan orang tua dalam mendampingi anaknya belajar di rumah


Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tugas Modul 1.3.a.5 Pembelajaran 3 - Refleksi Individu 4P

Modul 2.2 Pembelajaran Sosial-Emosional (PSE) - Koneksi Antar Materi

RPP Berdiferensiasi dan Terintegrasi KSE