3.3.a.7. Demonstrasi Kontekstual - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid
Demonstrasi Kontekstual - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid
Nama : Bowo Hadi Kuswono, S.Pd.
Nama Program : MANGKELIN (Mading Kelas Online)
Tahapan BAGJA |
Panduan
Tahapan |
Hasil Tahapan |
B-uat
Pertanyaan |
Buatlah pertanyaan untuk mengarahkan kita kepada penelusuran
hal-hal yang akan kita lakukan |
Bagaimana
cara meningkatkan kemampuan siswa dalam literasi
dan mengembangkan
bakat seninya melalui pemanfaatan TIK di sekolah ? |
A-mbil
Pelajaran |
Ceritakan dan tuliskan pengalaman/kegiatan baik, prestasi yang
pernah terjadi yang berhubungan dengan topik bahasan (kepemimpinan siswa
(murid) di sekolah) |
Murid
kelas 1 sampai kelas 6 sudah dibiasakan untuk membuat Mading Kelas yang
isinya berupa puisi atau gambar hasil murid yang dipajang di kelas
masing-masing. SDN 2
Girimukti sudah mempunyai Web Sekolah yang bisa digunakan untuk memajang
hasil karya murid-murid. Sinyal
internet di SDN 2 Girimukti sudah bagus dan setiap guru sudah dikasih
fasilitas Laptop |
G-ali Mimpi |
Buat gambaran rinci kondisi ideal atau mimpi kita terkait topik
bahasan: -
Kemampuan seperti apa
yang dibayangkan ada dalam diri siswa (murid) -
Perilaku apa saja yang ada pada siswa (murid) dengan
pengetahuan menulis yang diharapkan -
Perilaku guru seperti apa yang mendorong kemampuan murid dalam menulis dan menggambar -
Perilaku kepala sekolah seperti apa yang mendorong kemampuan murid dalam menulis dan menggambar -
Perilaku orang tua seperti apa yang mendorong kemampuan murid dalam kegiatan menulis dan menggambar -
Hal apa saja yang perlu dimiliki untuk meningkatkan kemampuan murid dalam menulis dan menggambar. |
·
Murid menjadi lebih semangat dan terampil dalam
menulis dan menggambar ·
Murid Pandai membuat puisi dan menggambar sesuai hobinya,
murid menjadi bangga karena hasil karyanya bisa dilihat oleh banyak orang
karena dipajang di Web Sekolah. ·
Guru menjadi motivator yang baik bagi murid dan memberikan kesempatan kepada murid seluas-luasnyadalam pengembangan diri, mengaktualisasikan diri dalam
menulis dan menggambar. ·
Kepala sekolah memberikan dukungan dalam
pengembangan bakat siswa secara moril dan materil serta memberikan kepercayaan terhadap
langkah perbaikan dan pengembangan guru dan murid. ·
Orangtua memberikan dukungan sepenuhnya terhadap pengembangan
bakat menulis dan menggambar anak-anaknya ·
Membuat jadwal rutin pelaksanaan kegiatan, pembimbingan, dan berbagai fasilitas yang mendukung pelaksanaan kegiatan ini. |
J-abarkan
Rencana |
Membuat cara/strategi mencapai mimpi-mimpi yang sudah kita
tuliskan: ·
Rencana/strategi apa yang perlu dilakukan (siapa melakukan apa)? ·
Bagaimana memonitor dan mengevaluasi rencana tersebut (bisa
melihat format kerangka Monev) |
Rencana program : Program
MANGKELIN (Mading Kelas Online) ini berangkat dari analisis aset/modal fisik
dan manusia yang ada di SDN 2 Girimukti. SDN 2 Girimukti sudah mempunyai web
sekolah, sinyal internet bagus, satu guru satu laptop, dan salah satu guru di
SDN 2 Girimukti menjadi admin web sekolah dan mempunyai kelebihan dalam
penguasaan IT. Program MANGKELIN ini melibatkan Kepala Sekolah selaku
pemegang kebijakan, Guru-guru memberikan bimbingan dan arahan kepada
murid-muridnya, Murid terlibat langsung dalam pembuatan karya, dan Orang Tua
yang akan mendampingi anaknya di rumah. Ditambah lagi sekarang masih masa
pandemi dimana murid belum bisa tatap muka, untuk itu diharapkan hasil karya
murid-murid bisa dilihat oleh siapa saja dan di mana saja. Semua hasil karya
murid akan diposting di Mading Web sekolah oleh guru yang bertugas sebagai
admin web. Mading dikelompokan berdasarkan kelas. Diharapkan melalui Mading
Online ini keterampilan menulis dan bakat meggambar siswa meningkat, dan juga
mereka tambah semangat karena karyanya dipublikasikan. Monitor dilakukan oleh Kepala
Sekolah dan Guru kepada Guru dan murid dan untuk murid
sendiri. Evaluasi melibatkan guru, kepala sekolah, dan orang tua. |
A-tur Eksekusi |
Menentukan tim inti program: - Siapa koordinator/ penanggung
jawab pelaksanaan program - Siapa yang bertugas
memonitor dan mengevaluasi jalannya program - Siapa yang bertugas
membuat laporan program - Bagaimana cara
komunikasi/koordinasi yang dilakukan tim (melalui pertemuan (diskusi), rapat
mingguan/ bulanan dll) untuk memberi kabar satu sama lain tentang jalannya
program |
Penanggung jawab dan mekanisme koordinasi antar tim: Penanggung Jawab kegiatan: Kepala Sekolah Pengarah : Dewan Guru Koordinator Acara: Guru Kelas VI (admin web sekolah) Penanggung Jawab sie Acara: Guru kelas masing-masing Penanggung Jawab sie Perlengkapan: Admin web sekolah Laporan dibuat oleh Koordinator acara (ketua panitia).
Koordinasi dilakukan dengan rapat setiap satu bulan sekali internal panitia. Hasil rapat internal dilaporkan kepada
seluruh dewan guru sebagai pengarah acara. Evaluasi dapat dilakukan melalui
rapat koordinasi dengan kepala sekolah dan guru. |
MONITORING,
EVALUASI DAN PEMBELAJARAN
a. Pertanyaan
Kunci
Pertanyaan Kunci Evaluasi
Program (Diisi
dengan pertanyaan utama
yang menjadi tujuan evaluasi) |
1. Sejauh apa program yang telah berjalan sesuai dengan tujuan utama program? 2. Seberapa banyak hambatan yang ditemui selama pelaksanaan program ini? Mengapa terjadi demikian? |
b. Fokus Monitoring
Fokus
Monitoring |
Pertimbangan Pemilihan |
Pertanyaan
Utama Monitoring |
Diisi
dengan pilihan aktivitasaktivitas atau
tujuan antara program
(outcomes) yang akan dipantau/dimonitor
sepanjang pelaksanaan
program, hal ini yang
akan digunakan sebagai data
untuk evaluasi program |
Diisi
dengan alasan pemilihan
aktivitas atau tujuan
antara (outcomes) program |
Diisi
dengan pertanyaan untuk
menggali fokus monitoring
yang berpengaruh
pada tujuan
program |
Bagaimana
kegiatan menulis puisi dan menggambar yang dilakukan oleh
murid-murid dari kelas 1 sampai 6 berjalan? |
Untuk memastikan kegiatan berjalan dengan baik: Guru kelas
memberikan bimbingan dan meminta bantuan orang tua agar mendampingi di rumah. |
Bagaimana respon guru dan murid
kepada program ini? Dan Bagaimana semangat/keterampilan murid dalam menulis
dan menggambar meningkat? |
c. Metode
Penggalian Data
Pertanyaan Monitoring |
Sumber Informasi |
Metode |
Kapan/ Bagaimana |
Diisi
dengan pertanyaan
Utama Monitoring |
Diisi
dengan pihak/aktor
yang berkaitan
dengan pertanyaan monitoring |
Diisi
dengan metode untuk penggalian
data kepada sumber
informasi Contoh:
kajian evaluasi, observasi,
wawancara, kuesioner/survey |
Diisi
dengan waktu penggalian informasi |
Bagaimana respon guru dan murid kepada program ini? Dan Bagaimana
semangat/keterampilan murid dalam menulis dan menggambar meningkat? |
Guru,
murid |
Wawancara/observasi |
Dalam proses berjalan |
d. Strategi
Pengolahan Data
Pertanyaan Monitoring |
Data
yang terkumpul |
Kesimpulan |
Catatan
Khusus, Pengecualian,dll |
Diisi
dengan pertanyaan monitoring
dan pertanyaan tambahan
tentang tim
pengelola program |
Diisi
dengan data dan
informasi yang menjawab pertanyaan monitoring tersebut,
dari berbagai
metode |
Diisi
kesimpulan yang dapat
ditarik untuk menjawab
pertanyaan monitoring
dari data dan
informasi yang ada pada
kolom kedua |
Bila
ada catatan khusus
yang memberikan nuansa
atas kesimpulan
yang ditarik,
catat di kolom
ini |
Bagaimana respon guru dan murid kepada program ini? Dan Bagaimana
semangat/keterampilan murid dalam menulis dan menggambar meningkat? Bagaimana pembagian peran dalam tim? Apakah semua
orang dalam tim
melaksanakan perannya
dengan baik? |
Guru dan murid merespon
dengan bagus program ini dan mereka merasa semangat untuk berkarya.
Ketrampilan murid-murid dalam menulis dan menggambar meningkat. Semua
orang dalam
tim melaksanakan perannya
masing-masing dengan baik. |
Kegiatan menulis dan menggambar untuk diposting di Mading Online berjalan
dengan baik. |
Memang
pada awal-awalnya guru harus melakukan bimbingan yang intens kepada murid dan
mengajak orang tua agar terlibat dalam pendampingan anak-anaknya di rumah. |
e. Pembelajaran
Program
Faktor-Faktor
Pendukung Pelaksanaan
Program |
Faktor-Faktor
Penghambat Pelaksanaan Program |
Pembelajaran |
Diisi
dengan hal-hal yang mendukung
keberhasilan program |
Diisi
dengan hal-hal yang menghambat
pencapaian program |
Diisi
dengan hasil refleksi dan
temuan-temuan signifikan
selama pelaksanaan
program |
Koordinasi
tim yang baik |
Beberapa
murid belum lancar baca
tulis, tidak punya buku gambar dan pensil warna sehingga mereka harus
didampingi orang tua dan meminjam
peralatan dari temannya. |
|
Comments
Post a Comment