Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3.3.a.7. Demonstrasi Kontekstual - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

Demonstrasi Kontekstual - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

Nama                                   : Bowo Hadi Kuswono, S.Pd.

Nama Program              : MANGKELIN (Mading Kelas Online)

Tujuan Program          : Meningkatkan keterampilan literasi dan bakat seni murid

Tahapan BAGJA

Panduan Tahapan

Hasil Tahapan

B-uat Pertanyaan

Buatlah pertanyaan untuk mengarahkan kita kepada penelusuran hal-hal yang akan kita lakukan

Bagaimana cara meningkatkan kemampuan siswa dalam literasi dan mengembangkan bakat seninya melalui pemanfaatan TIK di sekolah ?

 

A-mbil Pelajaran

Ceritakan dan tuliskan pengalaman/kegiatan baik, prestasi yang pernah terjadi yang berhubungan dengan topik bahasan (kepemimpinan siswa (murid) di sekolah)

Murid kelas 1 sampai kelas 6 sudah dibiasakan untuk membuat Mading Kelas yang isinya berupa puisi atau gambar hasil murid yang dipajang di kelas masing-masing.

SDN 2 Girimukti sudah mempunyai Web Sekolah yang bisa digunakan untuk memajang hasil karya murid-murid.

Sinyal internet di SDN 2 Girimukti sudah bagus dan setiap guru sudah dikasih fasilitas Laptop

G-ali Mimpi

Buat gambaran rinci kondisi ideal atau mimpi kita terkait topik bahasan:

-          Kemampuan  seperti apa yang dibayangkan ada dalam diri siswa (murid)

-          Perilaku apa saja yang ada pada siswa (murid) dengan pengetahuan  menulis  yang diharapkan

-          Perilaku guru seperti apa yang mendorong kemampuan murid dalam menulis dan menggambar

-          Perilaku kepala sekolah seperti apa yang mendorong kemampuan murid dalam menulis dan menggambar

-          Perilaku orang tua seperti apa yang mendorong kemampuan murid dalam kegiatan menulis dan menggambar

-          Hal apa saja yang perlu dimiliki untuk meningkatkan kemampuan murid dalam menulis dan menggambar.

 

·         Murid menjadi lebih semangat dan terampil dalam menulis dan menggambar

·         Murid Pandai membuat puisi dan menggambar sesuai hobinya, murid menjadi bangga karena hasil karyanya bisa dilihat oleh banyak orang karena dipajang di Web Sekolah.

·         Guru menjadi motivator yang baik bagi murid dan memberikan kesempatan kepada murid seluas-luasnyadalam  pengembangan diri, mengaktualisasikan diri dalam menulis dan menggambar.

·         Kepala sekolah memberikan dukungan dalam pengembangan bakat siswa secara moril dan materil serta memberikan kepercayaan terhadap langkah perbaikan dan pengembangan guru dan murid.

·         Orangtua memberikan dukungan sepenuhnya terhadap pengembangan bakat menulis dan menggambar anak-anaknya

·         Membuat jadwal rutin pelaksanaan kegiatan, pembimbingan, dan berbagai fasilitas yang mendukung pelaksanaan kegiatan ini.

 


 

J-abarkan Rencana

Membuat cara/strategi mencapai mimpi-mimpi yang sudah kita tuliskan:

·         Rencana/strategi apa yang perlu dilakukan (siapa melakukan apa)?

·         Bagaimana memonitor dan mengevaluasi rencana tersebut (bisa melihat format kerangka Monev)

Rencana program :

Program MANGKELIN (Mading Kelas Online) ini berangkat dari analisis aset/modal fisik dan manusia yang ada di SDN 2 Girimukti. SDN 2 Girimukti sudah mempunyai web sekolah, sinyal internet bagus, satu guru satu laptop, dan salah satu guru di SDN 2 Girimukti menjadi admin web sekolah dan mempunyai kelebihan dalam penguasaan IT. Program MANGKELIN ini melibatkan Kepala Sekolah selaku pemegang kebijakan, Guru-guru memberikan bimbingan dan arahan kepada murid-muridnya, Murid terlibat langsung dalam pembuatan karya, dan Orang Tua yang akan mendampingi anaknya di rumah. Ditambah lagi sekarang masih masa pandemi dimana murid belum bisa tatap muka, untuk itu diharapkan hasil karya murid-murid bisa dilihat oleh siapa saja dan di mana saja. Semua hasil karya murid akan diposting di Mading Web sekolah oleh guru yang bertugas sebagai admin web. Mading dikelompokan berdasarkan kelas. Diharapkan melalui Mading Online ini keterampilan menulis dan bakat meggambar siswa meningkat, dan juga mereka tambah semangat karena karyanya dipublikasikan.

Monitor dilakukan oleh Kepala Sekolah dan Guru kepada Guru dan murid dan untuk murid sendiri. Evaluasi melibatkan guru, kepala sekolah, dan orang tua.

A-tur Eksekusi

Menentukan tim inti program:

-    Siapa koordinator/ penanggung jawab pelaksanaan program

-    Siapa yang bertugas memonitor dan mengevaluasi jalannya program

-    Siapa yang bertugas membuat laporan program

-    Bagaimana cara komunikasi/koordinasi yang dilakukan tim (melalui pertemuan (diskusi), rapat mingguan/ bulanan dll) untuk memberi kabar satu sama lain tentang jalannya program

Penanggung jawab dan mekanisme koordinasi antar tim:

Penanggung Jawab kegiatan: Kepala Sekolah

Pengarah : Dewan Guru

Koordinator Acara: Guru Kelas VI (admin web sekolah)

Penanggung Jawab sie Acara: Guru kelas masing-masing

Penanggung Jawab sie Perlengkapan: Admin web sekolah

Laporan dibuat oleh Koordinator acara (ketua panitia). Koordinasi dilakukan dengan rapat setiap satu bulan sekali internal panitia. Hasil rapat internal dilaporkan kepada seluruh dewan guru sebagai pengarah acara. Evaluasi dapat dilakukan melalui rapat koordinasi dengan kepala sekolah dan guru.

 


MONITORING, EVALUASI DAN PEMBELAJARAN

a.       Pertanyaan Kunci

Pertanyaan Kunci

Evaluasi Program

(Diisi dengan pertanyaan

utama yang menjadi tujuan

evaluasi)

1. Sejauh apa program yang telah berjalan sesuai

dengan tujuan utama program?

2. Seberapa banyak hambatan yang ditemui

selama pelaksanaan program ini? Mengapa

terjadi demikian?

 

b.      Fokus Monitoring

Fokus Monitoring

Pertimbangan Pemilihan

Pertanyaan Utama

Monitoring

Diisi dengan pilihan aktivitasaktivitas

atau tujuan antara

program (outcomes) yang akan

dipantau/dimonitor sepanjang

pelaksanaan program, hal ini

yang akan digunakan sebagai

data untuk evaluasi program

Diisi dengan alasan

pemilihan aktivitas atau

tujuan antara (outcomes)

program

Diisi dengan pertanyaan

untuk menggali fokus

monitoring yang

berpengaruh pada

tujuan program

Bagaimana kegiatan menulis puisi dan menggambar yang dilakukan oleh murid-murid dari kelas 1 sampai 6 berjalan?

Untuk memastikan

kegiatan berjalan dengan

baik: Guru kelas memberikan bimbingan dan meminta bantuan orang tua agar mendampingi di rumah.

Bagaimana respon guru dan murid kepada program ini? Dan Bagaimana semangat/keterampilan murid dalam menulis dan menggambar meningkat?

 

c.       Metode Penggalian Data

Pertanyaan

Monitoring

Sumber Informasi

Metode

Kapan/

Bagaimana

Diisi dengan

pertanyaan Utama

Monitoring

Diisi dengan

pihak/aktor yang

berkaitan dengan

pertanyaan

monitoring

Diisi dengan metode untuk

penggalian data kepada

sumber informasi

Contoh: kajian evaluasi,

observasi, wawancara,

kuesioner/survey

Diisi dengan

waktu

penggalian

informasi

Bagaimana respon guru dan murid kepada program ini? Dan Bagaimana semangat/keterampilan murid dalam menulis dan menggambar meningkat?

Guru, murid

Wawancara/observasi

Dalam proses

berjalan

 

d.      Strategi Pengolahan Data

Pertanyaan

Monitoring

Data yang

terkumpul

Kesimpulan

Catatan Khusus,

Pengecualian,dll

Diisi dengan

pertanyaan

monitoring dan

pertanyaan

tambahan tentang

tim pengelola

program

Diisi dengan data

dan informasi yang

menjawab

pertanyaan

monitoring

tersebut, dari

berbagai metode

Diisi kesimpulan yang

dapat ditarik untuk

menjawab pertanyaan

monitoring dari data

dan informasi yang ada

pada kolom kedua

Bila ada catatan

khusus yang

memberikan

nuansa atas

kesimpulan yang

ditarik, catat di

kolom ini

 

Bagaimana respon guru dan murid kepada program ini? Dan Bagaimana semangat/keterampilan murid dalam menulis dan menggambar meningkat?

 

 

 

Bagaimana pembagian peran dalam tim? Apakah

semua orang dalam

tim melaksanakan

perannya dengan

baik?

 

Guru dan murid merespon dengan bagus program ini dan mereka merasa semangat untuk berkarya. Ketrampilan murid-murid dalam menulis dan menggambar meningkat.

 

Semua orang

dalam tim melaksanakan

perannya masing-masing dengan baik.

 

Kegiatan menulis dan menggambar untuk diposting di Mading Online berjalan dengan baik.

 

Memang pada awal-awalnya guru harus melakukan bimbingan yang intens kepada murid dan mengajak orang tua agar terlibat dalam pendampingan anak-anaknya di rumah.

 

e.       Pembelajaran Program

Faktor-Faktor Pendukung

Pelaksanaan Program

Faktor-Faktor Penghambat

Pelaksanaan Program

Pembelajaran

Diisi dengan hal-hal yang

mendukung keberhasilan

program

Diisi dengan hal-hal yang

menghambat pencapaian

program

Diisi dengan hasil refleksi

dan temuan-temuan

signifikan selama

pelaksanaan program

 

Koordinasi tim yang baik

 

Beberapa murid belum lancar baca tulis, tidak punya buku gambar dan pensil warna sehingga mereka harus didampingi orang tua dan  meminjam peralatan dari temannya.

 


Post a Comment for "3.3.a.7. Demonstrasi Kontekstual - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid"