Artikel Aksi Nyata Modul 3.3 Program Yang Berdampak Pada Murid

MANGKELIN (Mading Kelas Online)

Oleh : Bowo Hadi Kuswono, S.Pd.

 

A.      Deskripsi Singkat Aksi Nyata

1.       Latar Belakang

Pada masa pandemi ini, guru dituntut untuk selalu kreatif dalam menyikapi pembelajaran yang dilakukan di rumah (BDR). Tentunya banyak kendala dan hambatan dalam pembelajaran, termasuk bagaimana caranya  supaya hasil kreasi siswa (baik hasil lierasi ataupun seni) bisa dinikmati dan dilihat oleh murid-murid lainnya dalam situasi BDR. Oleh karena itu, program MANGKELIN (Mading Kelas Online) ini bisa menjadi solusi untuk permasalahan di atas.

2.       Penjelasan Program

Program MANGKELIN (Mading Kelas Online) ini berangkat dari analisis aset/modal fisik dan manusia yang ada di SDN 2 Girimukti. SDN 2 Girimukti sudah mempunyai web sekolah, sinyal internet bagus, satu guru satu laptop, dan salah satu guru di SDN 2 Girimukti menjadi admin web sekolah dan mempunyai kelebihan dalam penguasaan IT. Program MANGKELIN ini melibatkan Kepala Sekolah selaku pemegang kebijakan, Guru-guru memberikan bimbingan dan arahan kepada murid-muridnya, Murid terlibat langsung dalam pembuatan karya, dan Orang Tua yang akan mendampingi anaknya di rumah. Ditambah lagi sekarang masih masa pandemi dimana murid belum bisa tatap muka, untuk itu diharapkan hasil karya murid-murid bisa dilihat oleh siapa saja dan di mana saja. Semua hasil karya murid akan diposting di Mading Web sekolah oleh guru yang bertugas sebagai admin web. Mading dikelompokan berdasarkan kelas. Diharapkan melalui Mading Online ini keterampilan menulis dan bakat meggambar siswa meningkat, dan juga mereka tambah semangat karena karyanya dipublikasikan.

3.       Hasil Aksi

Hasil dari aksi nyata yang dilakukan di atas adalah berupa kumpulan hasil karya murid-murid yang sudah diupload di web sekolah dengan alamat : www.sdn2girimukticikelet.sch.id . Berikut gambar tangkapan layarnya:





B. Perasaan (feelings)

Perasaan saya ketika menjalankan aksi nyata adalah penuh optimis, karena program ini sudah dirancang dengan matang, saya menyampaikannya kepada murid-murid, dan mereka pun menyambut baik. Namun perasaan sedikit kecewa muncul karena program ini hanya baru bisa diterapkan hanya untuk kelas 6 saja. Dikarenakan waktu aksi nyata itu bertepatan dengan kegiatan PAT, jadi kelas-kelas yang lainnya belum bisa mengumpulkan karya.

C. Pembelajaran (Findings)

Pembelajaran yang didapat selama dan setelah aksi  yaitu seberapa matang pun sebuah program yang dirancang, pelaksanaan yang bertanggung jawab dan kolaborasi di lapangan adalah kuncinya. Kegagalan dari program ini adalah tidak tepat waktu dalam pelaksanaannya. Waktu yang tepat untuk program ini adalah di pertengahan semester.

D. Penerapan Ke Depan (future)

Untuk rencana perbaikan ke depannya adalah memilih waktu yang tepat dan bekerja sama dengan guru-guru lainnya dengan lebih baik. Diharapkan bahwa program Mading Kelas Online ini bisa diikuti oleh seluruh kelas.

Comments

Popular posts from this blog

Tugas Modul 1.3.a.5 Pembelajaran 3 - Refleksi Individu 4P

Modul 2.2 Pembelajaran Sosial-Emosional (PSE) - Koneksi Antar Materi

RPP Berdiferensiasi dan Terintegrasi KSE