Tugas Modul 1.3.a.8 Elaborasi Pemahaman



Sebagai seorang Guru penggerak kita dituntut untuk terus berlatih mengelola diri sendiri sambil terus berupaya menggerakkan orang lain untuk menjalani proses bersama. Seorang guru penggerak harus mempunyai visi yang jelas terhadap murid-muridnya. Visi itu di diwujudkan melalui aksi nyata dalam melakukan perubahan.

Salah satu pendekatan untuk melakukan perubahan bisa kita capai menggunakan paradigma Inkuiri Apresiatif (IA). IA dikenal sebagai pendekatan manajemen perubahan yang kolaboratif dan berbasis kekuatan. IA pertama kali dikembangkan oleh David Cooperrider.

5 Tahapan Inkuri Apresiatif kita kenal dengan sebutan BAGJA, BAGJA adalah akronim dari Buat Pertanyaan Utama (Define), Ambil Pelajaran (Discover), Gali Mimpi (Dream), Jabarkan Rencana (Design), dan Atur Eksekusi (Deliver).

Model manajemen perubahan IA ini selaras dengan filosofi pendidikan Ki Hajar Dewantara tentang Kodrat alam dan kodrat zaman. Dimana kita berangkat dari kekuatan dan hal-hal positif yang telah ada pada diri anak sesuai kodrat alamnya. Kemudian mempertahankan dan menumbuhkembangkan kekuatan tersebut untuk memperbaiki lakunya (bukan dasarnya). Kodrat alam berkaitan dengan sifat dan bentuk lingkungan di mana anak berada. Sedangkan kodrat zaman berkaitan dengan isi dan wirama (yakni cara mewujudkannya). Isi yang disampaikan harus disesuaikan dengan tuntutan zaman saat ini, yakni keterampilan Abad 21 dengan melihat kodrat anak Indonesia sesungguhnya.

Peran kita sebagai guru adalah menuntun mereka untuk tumbuh dan berkembang sesuai kodratnya. Jangan menjadikan kekurangan atau kelemahan pada diri anak sebagai sebuah hambatan untuk melakukan perubahan.

Kenali hal-hal positif yang ada pada diri anak dan lingkungan sekitar, jadikan sebagai sebuah kekuatan, bangun komunikasi yang baik dengan anak, orang tua, dan warga sekolah lainnya, libatkan secara aktif dalam setiap rencana perubahan, lakukan bersama-sama, dan evaluasi bersama juga untuk tindak lanjut dan perbaikan kedepannya. 

Comments

Popular posts from this blog

Modul 2.2 Pembelajaran Sosial-Emosional (PSE) - Koneksi Antar Materi

RPP Berdiferensiasi dan Terintegrasi KSE

Tugas Modul 1.3.a.5 Pembelajaran 3 - Refleksi Individu 4P