Posts

Tugas Modul 1.3.a.8 Elaborasi Pemahaman

Image
Sebagai seorang Guru penggerak kita dituntut untuk terus berlatih mengelola diri sendiri sambil terus berupaya menggerakkan orang lain untuk menjalani proses bersama. Seorang guru penggerak harus mempunyai visi yang jelas terhadap murid-muridnya. Visi itu di diwujudkan melalui aksi nyata dalam melakukan perubahan. Salah satu pendekatan untuk melakukan perubahan bisa kita capai menggunakan paradigma Inkuiri Apresiatif (IA). IA dikenal sebagai pendekatan manajemen perubahan yang kolaboratif dan berbasis kekuatan. IA pertama kali dikembangkan oleh David Cooperrider. 5 Tahapan Inkuri Apresiatif kita kenal dengan sebutan BAGJA, BAGJA adalah akronim dari B uat Pertanyaan Utama ( Define ), A mbil Pelajaran ( Discover ), G ali Mimpi ( Dream ), J abarkan Rencana ( Design ), dan A tur Eksekusi ( Deliver ). Model manajemen perubahan IA ini selaras dengan filosofi pendidikan Ki Hajar Dewantara tentang Kodrat alam dan kodrat zaman. Dimana kita berangkat dari kekuatan dan hal-hal positif ya

RPP Berdiferensiasi dan Terintegrasi KSE

 Salam sehat dan bahagia selalu Bapak/Ibu Guru hebat Berikut ini saya bagikan contoh RPP Berdiferensiasi dan terintegrasi KSE yang sudah saya praktikan pada pendidikan guru penggerak (PGP) angkatan 1. Saya yakin Bapak/Ibu bisa lebih baik lagi dalam membuatnya. ini hanya sekedar berbagi saja, mudah-mudahan bisa bermanfaat. Terima Kasih Bapak/Ibu juga bisa mendowloadnya dalam format word dibawah! RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)   Satuan pendidikan      : SDN 2 Girimukti Kelas / Semester          : 6 (enam) / 2 (dua) Tema                            : Bumiku Sub Tema                     : Perbedaan Waktu dan Pengaruhnya Muatan Terpadu           : IPA, Bahasa Idonesia Pembelajaran Ke          : 2 A.     TUJUAN PEMBELAJARAN 1.       Setelah mengamati video dan membaca teks serta mengamati garis lintang dan garis bujur pada globe , siswa   mengetahui tentang perbedaan waktu di bumi dan pengaruhnya pada kegiatan sehari-hari . 2.       Setelah berdiskusi , siswa ma

Peta Konsep Modul 1.2 Sintesis antar materi -nilai dan peran guru penggerak

Image
 Salam sehat dan bahagia selalu Bapak/Ibu Calon Guru Penggerak yang hebat Berikut ini saya bagikan contoh Peta Konsep Modul 1.2 Sintesis antar materi -nilai dan peran guru penggerak yang telah saya buat pada PGP angkatan 1. Saya yakin Bapak/Ibu bisa lebih baik lagi dalam membuatnya. ini hanya sekedar berbagi saja, mudah-mudahan bisa bermanfaat. Terima Kasih #modul 1.2 nilai dan peran guru penggerak

Rancangan Aksi Nyata Modul 1.1

Image
Salam sehat dan bahagia selalu Bapak/Ibu Calon Guru Penggerak yang hebat Berikut ini saya bagikan contoh Rancangan  Aksi Nyata Modul 1.1  yang telah saya buat dan lakukan pada PGP angkatan 1. Saya yakin Bapak/Ibu bisa lebih baik lagi dalam merancang aksi nyatanya. ini hanya sekedar berbagi saja, mudah-mudahan bisa bermanfaat. 

Artikel Aksi Nyata Modul 3.3 Program Yang Berdampak Pada Murid

Image
MANGKELIN (Mading Kelas Online) Oleh : Bowo Hadi Kuswono, S.Pd.   A.       Deskripsi Singkat Aksi Nyata 1.        Latar Belakang Pada masa pandemi ini, guru dituntut untuk selalu kreatif dalam menyikapi pembelajaran yang dilakukan di rumah (BDR). Tentunya banyak kendala dan hambatan dalam pembelajaran, termasuk bagaimana caranya  supaya hasil kreasi siswa (baik hasil lierasi ataupun seni) bisa dinikmati dan dilihat oleh murid-murid lainnya dalam situasi BDR. Oleh karena itu, program MANGKELIN (Mading Kelas Online) ini bisa menjadi solusi untuk permasalahan di atas. 2.        Penjelasan Program Program MANGKELIN (Mading Kelas Online) ini berangkat dari analisis aset/modal fisik dan manusia yang ada di SDN 2 Girimukti. SDN 2 Girimukti sudah mempunyai web sekolah, sinyal internet bagus, satu guru satu laptop, dan salah satu guru di SDN 2 Girimukti menjadi admin web sekolah dan mempunyai kelebihan dalam penguasaan IT. Program MANGKELIN ini melibatkan Kepala Sekolah selaku pem

Rancangan Aksi Nyata Modul 3.2 -Pemimpin Dalam Pengelolaan Sumber Daya

Rancangan Tindakan untuk Aksi Nyata Judul Modul    : 3.2 Pemimpin Dalam Pengelolaan Sumber Daya Nama Peserta : Bowo Hadi Kuswono, S.Pd.   Latar belakang Dalam perkembangannya, seorang guru sebagai pemimpin pembelajaran harus mampu mengidentifikasi dan memanfaatkan segala sumber/modal/aset yang ada. Baik modal/aset yang ada di kelas maupun lingkungan sekolah untuk bisa meningkatkan kualitas pembelajaran maupun membuat sebuah program yang berdampak pada murid. Langkah kecil perubahan yang dilakukan oleh seorang guru dengan melibatkan murid akan memberikan dampak positif bagi perkembangan murid. Modal atau aset yang dapat digunakan dalam mengembangkan komunitas antara lain: modal manusia, modal sosial, modal fisik, modal lingkungan/alam, modal finansial, modal politik, dan modal agama dan budaya. Tujuan 1.      Melatih murid untuk berani tampil di depan kelas 2.      Melatih murid menjadi seorang pemimpin dalam pengambilan keputusan 3.      Melatih keterampilan bertanya Tolok